UPAYA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMBINA KEDISPLINAN SHALAT BERJAMA'AH DI SEKOLAH DASAR MUHAMMADIYAH MANYAR

FAHLEVI, M. ISHAK (2020) UPAYA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMBINA KEDISPLINAN SHALAT BERJAMA'AH DI SEKOLAH DASAR MUHAMMADIYAH MANYAR. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.

[img] Text
2. Abstrak.pdf

Download (199kB)
[img] Text
3. Bab I.pdf

Download (227kB)
[img] Text
4. Bab II.pdf

Download (742kB)
[img] Text
5. Bab III.pdf

Download (158kB)
[img] Text
6. Bab IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (511kB)
[img] Text
7. Bab V.pdf

Download (96kB)
[img] Text
8. Daftar Pustaka.pdf

Download (134kB)

Abstract

Skripsi ini membahas upaya guru pendidikan agama islam (PAI) dalam membina kedisiplinan shalat berjamaah di sd muhammadiyah manyar gresik. Kajiannya dilator belakangi oleh banyaknya anak-anak yang tidak tertib dalam ketertiban shalat berjamaah dikarenakan meraka masih butuh pembinaan dalam hal tersebut. Sehingga mereka bisa tertib dalam melaksakan shalat berjamaah. Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: (1) bagaimana keadaan sisiwa di SD Muhammadiyah Manyar? (2) Bagaimana upaya guru pendidikan agama islam dalam membina kedisiplinan shalat berjama’ah disekolah? (3) Apa saja hambatan yang dihadapi guru pendidikan agama islam dalam mendisiplinkan shalat berjama’ah di sekolah? (4) Bagaimana solusi yang diberikan guru pendidikan agama islam dalam mendisiplinkan shalat berjama’ah di sekolah? Datanya diperoleh dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Semua data dianalisis dengan menggunakan teknik analisis kulitatif yaitu metode analisis data yang berupa kata-kata, dan bukan angka. Kajian ini menunjukan bahwa : keadaan siswa di SD Muhammadiyah Manyar sangat antusias dan semangat. Yang dimaksud siswa adalah mereka yang secara resmi menjadi murid SD Muhammadiyah Manyar dan terdaftar dalam buku induk sekolah. Kegiatan rutin adalah suatu kegiatan yang dilaksanakan di sekolah setiap hari. Kegiatan tersebut diantaranya: a. Kegiatan melaksanakan shalat dhuhur berjama’ah. b. Kegiatan melaksanakan sholat Ashar. c. Membaca kitab suci Al- Qur'an dalam mengawali pelajaran. (2) Bagaimana upaya guru pendidikan agama islam dalam membina kedisiplinan shalat berjama’ah disekolah. guru agama dalam membina kedisiplinan kegiatan keagamaan adalah tersedianya dan tercukupinya fasilitas. (3) Apa saja hambatan yang dihadapi guru pendidikan agama islam dalam mendisiplinkan shalat berjama’ah di sekolah. Meliputi: a)Keadaan siswa yang sulit dikondisikan. b)Keadaan lingkungan sekolah yang kurang mendukung. c)Keadaan gedung sekolah yang masih kurang fasilitas sebagai pendukung kegiatan keagamaan. (4) Bagaimana solusi yang diberikan guru pendidikan agama islam dalam mendisiplinkan shalat berjama’ah di sekolah. Meliputi : A. Memberikan Motifasi. B. Memberikan persepsi. C. Memberikan penghargaan.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Upaya guru pendidikan agama islam(pai), membina kedidiplinan shalat, anak Sekolah Dasar.
Subjects: Islamic Education
Islamic Religion
Divisions: Faculty of Islamic Relegion > Islamic Education Study Program
Depositing User: maysatin may aliah
Date Deposited: 17 Feb 2020 03:05
Last Modified: 10 May 2020 05:05
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/3481

Actions (login required)

View Item View Item