PEMBELAJARAN CTL (CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA DAN MENULIS SISWA KELAS II SDN SUMARI

NADIYA, IFROHATUN (2018) PEMBELAJARAN CTL (CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA DAN MENULIS SISWA KELAS II SDN SUMARI. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (299kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (356kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (394kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (86kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan membaca dan menulis melalui model pembelajaran CTL (Contextual Teaching and Learning) pada siswa kelas II SDN Sumari Duduksampeyan Gresik. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) yang dilakukan secara kolaboratif dengan guru kelas. Desain penelitian ini menggunakan model Arikunto yang terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian meliputi siswa kelas II SDN Sumari pada semester II tahun ajaran 2017/2018 yang berjumlah 24 siswa. Objek penelitian adalah meningkatkan keterampilan membaca dan menulis melalui model pembelajaran CTL. Teknik pengumpulan data melalui tes, dan data hasil penelitian ini dianalisis dengan mendeskripsikan setiap pertemuan sesuai kegiatan yang dilaksanakan. Pembelajaran membaca dan menulis dengan menggunakan model pembelajaran CTL dapat meningkatkan keterampilan membaca nyaring teks dan menulis deskripsi pada siswa kelas II SDN Sumari. Peningkatan keterampilan membaca dan menulis siswa kelas II SDN Sumari dapat dilihat dari nilai tes pada siklus I dan siklus II yang meningkat. Sedangkan nilai Kriteria Ketuntasan Minimum yaitu 70 dan Persentase Ketuntasan Klasikal yaitu 75%. Pada siklus I siswa yang mencapai KKM pada pembelajaran membaca hanya 17 siswa dengan persentase klasikal 70,83%, sedangkan pembelajaran menulis hanya 15 siswa dengan persentase klasikal 62,05%. Pada siklus II yang mencapai KKM pada pembelajaran membaca terdapat 20 siswa dengan persentase klasikal 83,83%, sedangkan pembelajaran menulis terdapat 19 siswa dengan persentase klasikal 79,19%. Penggunaan model pembelajaran CTL pada siklus II persentase keberhasilannya sudah mencapai >75% sehingga proses pembelajaran menggunakan model CTL berhasil.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Subjects: Early Childhood Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Primary Teacher Education Study Program
Depositing User: Shandy Rahma Ramadhan, S.IIP
Date Deposited: 19 Oct 2018 23:55
Last Modified: 08 Mar 2019 01:17
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/367

Actions (login required)

View Item View Item