Penerapan Model Pembelajaran Concept Setence Berbantukan Media Kartu Kata Untuk Meningkatkan Berpikir Kritis Pada Materi Interaksi Manusia dengan Lingkungan Di Sekolah Dasar

Firmansyah, Fajar Agus (2020) Penerapan Model Pembelajaran Concept Setence Berbantukan Media Kartu Kata Untuk Meningkatkan Berpikir Kritis Pada Materi Interaksi Manusia dengan Lingkungan Di Sekolah Dasar. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.

[img] Text
HALAMAN PERNYATAAN ORISINALITAS.pdf

Download (262kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (361kB)
[img] Text
HALAMAN PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI.pdf

Download (184kB)
[img] Text
HALAMAN JUDUL.pdf

Download (683kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (345kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (463kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (492kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (263kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (325kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Berdasarkan hasil wawancara dengan guru kelas, bahwa diketahui hasil kemampuan berpikir kritis kelas V UPT SDN 35 Gresik menunjukkan hasil yang rendah dengan 64.48% peserta didik yang mendapatkan nilai di atas KKM >75. Jadi, dapat disimpulkan bahwa dalam kemampuan berpikir kritis kelas V UPT SDN 35 Gresik 86.11% peserta didik yang mendapatkan nilai diatas KKM. Dari masalah tersebut peneliti melakukan penelitian dengan tujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis kelas V UPT SDN 35 Gresik dengan menggunakan model concept setence. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian adalah peserta didik kelas V UPT SDN 35 Gresik yang berjumlah 36 peserta didik yang terdiri dari 20 peserta didik laki-laki dan 16 peserta didik perempuan. Prosedur dalam penelitian ini terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Penelitian ini berlangsung dalam 1 siklus. Metode pengumpulan data yang diguanakan adalah observasi aktivitas peserta didik, observasi aktivitas guru, dan observasi kemampuan berpikir kritis. Hasil analisis data dalam penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model concept setence untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis yang dilakukan dengan melihat hasil lembar tes kemampuan berpikir kritis setelah pembelajaran dengan mencapai hasil prosentase 86,11% dengan kategori sangat baik. Kata Kunci: Penerapan model concept setence, kemampuan berpikir kritis

Item Type: Thesis (undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Penerapan model concept setence, kemampuan berpikir kritis
Subjects: Education
Primary and secondary education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Primary Teacher Education Study Program
Depositing User: Fajar Agus Hari Firmansyah
Date Deposited: 16 Aug 2020 13:51
Last Modified: 16 Aug 2020 13:51
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/3747

Actions (login required)

View Item View Item