PENGARUH FAKTOR-FAKTOR RELATIONSHIP MARKETING TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN AJB BUMIPUTERA 1912 DIVISI SYARIAH SURABAYA

Arsanti, Mery Dwita (2009) PENGARUH FAKTOR-FAKTOR RELATIONSHIP MARKETING TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN AJB BUMIPUTERA 1912 DIVISI SYARIAH SURABAYA. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.

[img] Text
HALAMAN JUDUL.pdf

Download (506kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (123kB)
[img] Text
BAB 2.pdf

Download (166kB)
[img] Text
BAB 3.pdf

Download (158kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (229kB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (109kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (84kB)
[img] Text
Lampiran.pdf

Download (174kB)

Abstract

Secara sederhana dapat dijelaskan bahwa Relationship Marketing adalah suatu strategi untuk membangun hubungan jangka panjang antara pelanggan dengan perusahaan secara terus-menerus. Sehingga tercipta hubungan yang lebih dari hubungan antara penjual dan pembeli yang hanya berorientasi pada proses transaksi, namun disini penjual dan pembeli adalah partner yang saling menguntungkan sehingga orientasinya adalah menjalin hubungan yang baik dengan pelanggan, karena pelanggan adalah asset yang sangat berharga, dan jika pelanggan tersebut dilayani dengan baik maka akan memberikan suatu keuntungan bagi perusahaan. Pendekatan Relationship Marketing menurut Barry dan Parasuraman 1991 (dikutip dalam Brilianta 2006) dengan menerapkan tiga level dari Relationship Marketing dapat meningkatkan loyalitas pelanggan. Yaitu dengan ikatan keuangan, ikatan sosial, dan ikatan struktural. Loyalitas menurut Griffin (2002;16) adalah hasil mencurahkan perhatian pada apa yang perlu dilakukan untuk mempertahankan pelanggan dan kemudian terus menerus melakukannya. Loyalitas pelanggan yang meningkat menyebabkan profitabilitas yang lebih tinggi, retensi pegawai yang lebih tinggi, dan basis keuangan yang lebih stabil. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Relationship Marketing terhadap loyalitas pelanggan AJB Bumiputera 1912 Divisi Syariah Surabaya baik secara parsial maupun simultan. Hipotesis yang peneliti rumuskan dalam penelitian ini adalah bahwa faktor-faktor relationship marketing berpengaruh baik secara parsial maupun simultan terhadap loyalitas pelanggan. Alat analisis yang digunakan adalah dengan model regresi linier berganda dengan menggunakan bantuan SPSS 12.0 for windows. Dari hasil analisa yang telah dilakukan diperoleh persamaan regresi linier berganda, yaitu: Y = 1,052 + 0,611X1 + 0,420X2 + 0,370X3 Persamaan regresi tersebut menunjukkan adanya pengaruh dari variabel bebas, yaitu: ikatan keuangan, ikatan sosial, dan ikatan struktural terhadap variabel tergantung yaitu loyalitas pelanggan AJB Bumiputera 1912 Divisi Syariah Surabaya. Nilai koefisien R sebesar 0,845 menunjukkan adanya hubungan yang kuat antara variabel tergantung dengan variabel bebas, dan besarnya hubungan dapat dilihat dengan nilai Adjusted R Square sebesar 0,705. Untuk pengujian hipotesis dapat dilihat melalui masing-masing thitung sebesar 4,309; 2,911; 2,458 lebih besar dari ttabel sebesar 1,98. Hal ini berarti masing-masing variabel bebas secara parsial berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan AJB Bumiputera 1912 Divisi Syariah Surabaya. Fhitung sebesar 79,717 lebih besar dari Ftabel sebesar 2,70. Hal ini berarti variabel bebas secara simultan berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan AJB Bumiputera 1912 Divisi Syariah Surabaya.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Relationship Marketing, Loyalitas Pelanggan
Subjects: Economic And Business
Economic And Business > Management
Divisions: Faculty of Economic and Business > Management Study Program
Depositing User: Users 679 not found.
Date Deposited: 30 Nov 2020 07:51
Last Modified: 30 Nov 2020 07:51
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/4282

Actions (login required)

View Item View Item