PENGARUH SUPERVISI KEPALA SEKOLAH TERHADAP KINERJA GURU PAI DI MTs AL-KHOIRIYAH NGASIN BALONGPANGGANG GRESIK

Nadhiroh, Alfin (2010) PENGARUH SUPERVISI KEPALA SEKOLAH TERHADAP KINERJA GURU PAI DI MTs AL-KHOIRIYAH NGASIN BALONGPANGGANG GRESIK. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.

[img] Text
HALAMAN JUDUL.pdf

Download (231kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (172kB)
[img] Text
BAB 2.pdf

Download (188kB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (233kB)
[img] Text
BAB 4.pdf

Download (85kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (101kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (81kB)

Abstract

Skripsi ini mengkaji tentang Pengaruh Supervisi Kepala sekolah Terhadap Kinerja Guru Pendidikan Agama Islam. Pembahasan skripsi ini dimaksudkan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kepala sekolah dalam hal supervisi yang menjadi kewajiban dari seorang pimpinan, serta untuk mengetahui pelaksanaan supervisi terhadap peningkatan kinerja guru Pendidikan Agama Islam di sekolah. Supervisi merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari seluruh proses administrasi pendidikan yang ditujukan terutama untuk mengembangkan efektivitas kinerja personalia sekolah yang berhubungan dengan tugas-tugas utama pendidikan, yang meliputi kunjungan kelas, memotivasi semangat kerja guru, memberikan pemahaman tentang kurikulum, pengembangan metode dan evaluasi, rapat pembinaaan serta kegiatan diluar mengajar. Kinerja guru dikatakan sebagai ungkapan kemampuan yang didasari oleh pengetahuan, sikap, keterampilan dan motivasi dalam menghasilkan sesuatu, yang meliputi kemampuan untuk menyusun rencana pembelajaran , pelaksanaan evaluasi dan menganalisis hasil tes hingga menginterpretasi dan menindaklanjuti hasil evaluasi. Penelitian pada skripsi ini menggunakan metode korelasi dengan teknik analisis deskriptif kuantitatif dan statistic , dengan jenis penelitian lapangan (field research) dan ditunjang oleh referensi-referensi yang berkaitan dengan tema yang dibahas di skripsi ini. Adapun yang menjadi tolok ukur supervise kepala sekolah terhadap kinerja guru Pendidikan Agama Islam adalah skor acuan yang dapat mengkategorikan guru Pendidikan Agama Islam berkompetensi tinggi, sedang atau rendah. Kesimpulan yang diambil setelah dilakukan penelitian di MTs Al Khoiriyah Ngasin Balongpanggang Gresik, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang tinggi terhadap supervisi kepala sekolah kepada guru pendidikan Agama islam di MTs Al Khoiriyah Ngasin Balongpanggang Gresik.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Subjects: Islamic Religion
Divisions: Faculty of Islamic Relegion > Islamic Education Study Program
Depositing User: Yoga Setya Perdana, A.Md., Lib.
Date Deposited: 07 Dec 2020 06:52
Last Modified: 07 Dec 2020 06:52
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/4434

Actions (login required)

View Item View Item