PENERAPAN TEORI PEMBELAJARAN VAN HIELE UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SIFATSIFAT BANGUN DATAR SISWA KELAS V SD MUHAMMADIYAH BENJENG

Damayanti, Risma (2018) PENERAPAN TEORI PEMBELAJARAN VAN HIELE UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SIFATSIFAT BANGUN DATAR SISWA KELAS V SD MUHAMMADIYAH BENJENG. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.

[img]
Preview
Text
6. ABSTRAK.pdf

Download (83kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (223kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2.pdf

Download (334kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 3.pdf

Download (365kB) | Preview
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (478kB)
[img]
Preview
Text
BAB 5.pdf

Download (83kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan aktivitas siswa dan aktivitas guru serta meningkatkan pemahaman sifat-sifat bangun datar di kelas V SD Muhammadiyah Benjeng tahun pelajaran 2017/2018 melalui penerapan teori pembelajaran Van Hiele. Desain penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas menggunakan model Kemmis dan Taggart. Subjek penelitian terdapat sebanyak 29 siswa. Teknik penggumpulan dan instrumen data menggunakan lembar observasi untuk melihat aktivitas siswa dan guru serta lembar tes pemahaman konsep untuk mengetahui peningkatan pemahaman sifat-sifat bangun datar. Berdasarkan hasil analisis yang telah dilakukan oleh peneliti, didapatkan aktivitas guru pertemuan 1 diperoleh hasil 76,87% dengan kategori baik dan pada pertemuan 2 diperoleh hasil 91,25% dengan kategori sangat baik. Dari hasil aktivita guru tersebut diperoleh rata-rata pada siklus 1 sebesar 84,06% kategori sangat baik. Sedangkan aktivitas siswa pada pertemuan 1 diperoleh hasil 62,5% kategori baik dan mengalami peningkatan pada pertemuan 2 dengan hasil 67,85% kategori baik. Pada tes pemahaman sifat-sifat bangun datar, pada siklus 1 ketuntasan klasikal sebesar 62,06% atau 18 siswa. sedangkan sebelum pra tindakan didapatkan ketuntasan klasikal sebesar 34,48% atau 10 siswa. Sehingga pemahaman konsep dengan menerapkan teori pembelajaran Van Hiele dari pra tindakan ke siklus 1 mengalami peningkatan sebesar 27,58%.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Subjects: Early Childhood Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Primary Teacher Education Study Program
Depositing User: Shandy Rahma Ramadhan, S.IIP
Date Deposited: 31 Oct 2018 02:50
Last Modified: 08 Mar 2019 01:15
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/506

Actions (login required)

View Item View Item