Ambita, Vinda (2021) "PENGEMBANGAN BAHAN AJAR E-MODUL DENGAN MENGGUNAKAN APLIKASI KVISOFT FLIPBOOK MAKER MATERI BANGUN RUANG". undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.
|
Text
HALAMAN PERNYATAAN ORISINALITAS.pdf Download (380kB) | Preview |
|
|
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (371kB) | Preview |
|
|
Text
LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI KARYA ILMIAH.pdf Download (953kB) | Preview |
|
|
Text
HALAMAN JUDUL.pdf Download (248kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (302kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (885kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (443kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (82kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (292kB) | Preview |
|
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (6MB) | Preview |
Abstract
Di era revolusi industri 4.0 dan masa pandemi ini diperlukan inovasi melalui pengembangan e-modul berbasis android. Salah satunya adalah dengan aplikasi kvisoft flipbook maker. Kvisoft flipbook maker merupakan software yang dapat menghasilkan sebuah flipbook. E-modul berbasis flipbook adalah salah satu jenis animasi klasik yang dibuat dari setumpuk kertas menyerupai buku tebal, pada setiap halamannya digambarkan proses tentang aktivitas e-modul interaktif yang nantinya proses tersebut bergerak atau animasi. Harapannya, e-modul berbasis flipbook akan lebih disukai peserta didik, dapat menambah variasi belajar dalam mempelajari matematika termasuk materi bangun ruang sisi datar, dan dapat memberikan peningkatan terhadap hasil belajar peserta didik. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengembangkan bahan ajar e-modul dengan menggunakan aplikasi kvisoft flipbook maker materi bangun ruang di kelas VIII SMP. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang mengacu pada model 4D dengan langkah-langkah yaitu define, design, development, dan disseminate. Uji pengembangan dilakukan pada 39 peserta didik kelas VIII-E SMP Negeri 14 Surabaya. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode pencatatan dokumen, kuesioner, tes dan pengamatan. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar wawancara, kuesioner gaya belajar peserta didik, kuesioner respon peserta didik, lembar validasi, soal tes, dan lembar pengamatan aktivitas peserta didik. Dan teknik analisis data menggunakan kualitatif dan kuantitatif. Hasil analisis data menunjukkan bahwa e-modul tidak perlu revisi berdasarkan saran dari para ahli. Validitas bahan ajar e-modul termasuk sangat valid. Menurut penilaian para ahli bahan ajar e-modul termasuk praktis. Keefektifan media dilihat dari rata-rata persentase pertemuan pada kriteria aktif, persentase respon peserta didik termasuk kriteria baik, dan ketuntasan klasikal peserta didik terpenuhi. Sehingga e-modul yang dikembangkan memenuhi kriteria efektif.
Item Type: | Thesis (undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Penelitian Pengembangan (R&D), bahan ajar e-modul, kvisoft flipbook maker |
Subjects: | Mathematic Education > Geometry Geometry Geometry Education Mathematic Education |
Divisions: | Faculty of Teacher Training and Education > Mathematic Education Study Program |
Depositing User: | Vinda Ambita |
Date Deposited: | 06 Aug 2021 08:23 |
Last Modified: | 06 Aug 2021 08:23 |
URI: | http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/5137 |
Actions (login required)
View Item |