PENGEMBANGAN MEDIA SIMULATOR TATA SURYA UNTUK SEKOLAH DASAR

Sari, Desi Wulan (2021) PENGEMBANGAN MEDIA SIMULATOR TATA SURYA UNTUK SEKOLAH DASAR. UMGCINMATIC, 1 (2). ISSN 2797-1058 (Submitted)

[img] Text
Lembar Persetujuan Pub. Jurnal.pdf

Download (401kB)
[img] Text (Artikel Publikasi)
2096
Restricted to Repository staff only

Download (3kB)
Official URL: http://journal.umg.ac.id/index.php/umgeshic/articl...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran simulator tata surya untuk materi sistem tata surya pada kelas VI Sekolah Dasar. Proses pengembangan media pembelajaran menggunakan model 4-D yang dimodifikasi dan disederhanakan yaitu pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (develope) dan tanpa melakukan penyebaran (disseminate). Hasil pengembangan berupa media simulator tata surya yang dibuat untuk menggambarkan sistem tata surya versi kecil dengan dilengkapai buku pedoman penggunaan. Sumber data dalam penelitian pengembangan ini adalah peserta didik kelas VI UPT SD Negeri 110 Gresik yang berjumlah 16 peserta didik. Pengumpulan data yang digunakan adalah validasi media pembelajaran, angket respon peserta didik, dan tes hasil belajar. Dengan analisis data yaitu, analisis kevalidan media pembelajaran, analisis keefektivan media pembelajaran, dan analisis kepraktisan media pembelajaran. Berdasarkan hasil analisis deskriptif data hasil validasi dan data uji coba diperoleh bahwa pengembangan media pembelajaran simulator tata surya untuk materi system tata surya kelas VI UPT SD Negeri 110 Gresik memenuhi kriteria baik, yaitu sebagiai berikut: a) Hasil validasi media pembelajaran yang dilakukan oleh validator memperoleh presentase 87,5% yang dikategorikan dalam valid dan dapat digunakan saat proses pembelajaran, b) Dikategorikan efektif dari hasil analisis ketuntasan belajar, hasil presentase ketuntasan belajar klasikal sebesar 85%, maka dapat dikatakan ketuntasan belajar peserta didik tercapai, c) Dikategorikan praktis dari hasil analisis respon peserta didik, hasil presentase respon peserta didik sebesar 95%, maka dapat dikatakan media simulator tata surya masuk dalam kategori baik.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Model 4-D, Simulator Tata Surya
Subjects: Education
Primary and secondary education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Primary Teacher Education Study Program
Depositing User: Desi Wulan Sari
Date Deposited: 13 Oct 2021 01:35
Last Modified: 31 Dec 2021 12:14
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/5295

Actions (login required)

View Item View Item