REMEDIAL DAN PENGAYAAN MATEMATIKA DI SD

Sari, Linda Puspita (2021) REMEDIAL DAN PENGAYAAN MATEMATIKA DI SD. UMGCINMATIC, 1 (2). ISSN 2797-1058

[img]
Preview
Text
Lembar Persetujuan Pub. Jurnal.pdf

Download (555kB) | Preview
[img] Text (Artikel Publikasi)
2014
Restricted to Repository staff only

Download (3kB)
Official URL: http://journal.umg.ac.id/index.php/umgeshic/articl...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan pengajaran remedial dan pengayaan pada mata pelajaran matematika di kelas IV UPT SD Negeri 143 Gresik. Pelaksanaan pengajaran remedial meliputi perencanaan, pelaksanaan, dan hasil belajar peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif studi kasus. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas IV . Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Keabsahan data diuji dengan triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam perencanaan guru mendiagnosis kesulitan belajar matematika peserta didik dengan mengidentifikasi peserta didik yang mengalami kesulitan melalui analisis nilai evaluasi matematika dan mencari tahu letak kesulitan belajar peserta didik dengan melihat hasil pekerjaannya. Pelaksanaan pengajaran remedial dan pengayaan menggunakan pendekatan kuratif. Teknik yang digunakan pada pengajaran remedial dan pengayaan pada masa pandemi ini, dilakukan pada saat jam pembelajaran kurang dari satu jam yaitu pukul 08.00-09.00 di ruang kelas IV UPT SD Negeri 143 Gresik. Metode yang digunakan dalam pengajaran remedial adalah metode pemberian tugas, tanya jawab, dan pengajaran individual, sedangkan metode yang digunakan dalam pengayaan adalah metode pemberian tugas. Rekomendasi peserta didik yang masih mengalami kesulitan belajar adalah diberi soal yang lebih sederhana.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Pelaksanaan pengajaran remedial dan pengayaan, matematika
Subjects: Education
Primary and secondary education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Primary Teacher Education Study Program
Depositing User: Linda Puspita Sari
Date Deposited: 13 Oct 2021 02:23
Last Modified: 31 Dec 2021 12:10
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/5297

Actions (login required)

View Item View Item