PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO INTERAKTIF PADA MATERI KERJASAMA DAN TOLONG MENOLONG KELAS III SEKOLAH DASAR

Holilah, Holilah (2021) PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO INTERAKTIF PADA MATERI KERJASAMA DAN TOLONG MENOLONG KELAS III SEKOLAH DASAR. UMGCINMATIC, 1 (2). ISSN 2797-1058 (Submitted)

[img]
Preview
Text
Persetujuan Publikasi Jurnal.pdf

Download (369kB) | Preview
[img] Text (Artikel Publikasi)
2008
Restricted to Repository staff only

Download (3kB)
Official URL: http://journal.umg.ac.id/index.php/umgeshic/articl...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran video interaktif untuk materi kerjasama dan tolong menolong kelas III Sekolah Dasar di UPT SD Negeri 56 Gresik. Proses pengembangan media pembelajaran dengan menggunakan model ADDIE yang terdiri dari 5 tahap namun, pada penelitian ini peneliti menggunakan 3 tahap yaitu: Analysis(analisis), design (desain), dan development (pengembangan), dikarenakan keterbatasan waktu, biaya. Subjek dalam penelitian ini adalah validator ahli media oleh Bapak Darmawan Aditama S.Kom., M.T (dosen Politeknik Elektronika Negeri Surabaya) dan validator ahli materi Ibu Maulani Inggi S,S.Pd Guru kelas III UPT SD Negeri 56 Gresik. Teknik pengumpulan data dan instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar validasi ahli media dan ahli materi. Berdasarkan hasil analisis data dari ahli media dan ahli materi yang dilakukan menunjukkan bahwa pengembangan media pembelajaran video interaktif untuk materi kerjasama dan tolong menolong memenuhi kevalidan yang telah ditentukan ahli media memperoleh skor 75% dengan dikategori valid dan ahli materi memperoleh skor 87,5% dengan dikategori sangat valid. Sehingga memperoleh nilai persentase rata-rata 81,25% yang dapat dikategorikan sangat valid Maka dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran video interaktif ini efektif digunakan dalam pembelajaran Kata Kunci: video interaktif, Kerjasama

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: video interaktif, Kerjasama
Subjects: Education
Primary and secondary education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Primary Teacher Education Study Program
Depositing User: Holilah Holilah
Date Deposited: 01 Nov 2021 03:49
Last Modified: 03 Jan 2022 06:07
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/5357

Actions (login required)

View Item View Item