Mahdiyah, Lathifatul (2021) Identifikasi Miskonsepsi Mata Pelajaran IPA di SD. UMGCINMATIC, 1 (2). ISSN 2797-1058 (Submitted)
|
Text
Publikasi Jurnal.pdf Download (589kB) | Preview |
|
Text (Artikel Publikasi)
2007 Restricted to Repository staff only Download (3kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis miskonsepsi pada anak kelas V MIM 1 Pantenan pada materi fotosintesis tumbuhan hijau. Jenis penelitian ini merupakan penelitian dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Metode yang digunakan untuk mengidenifikasi miskonsepsi yakni metode CRI dengan menggunakan instrument tes pilihan ganda beralasan terbuka. Pada hasil analisis menunjukkan bahwa presentase pada kategori miskonsepsi yang dialami seluruh anak kelas V MIM 1 Pantenan dalam konsep fotosintesis pada tumbuhan hijau cenderung memiliki presentase lebih besar yakni 45,15% dari presentase pemahaman konsep yang lain. Miskonsepsi yang banyak dialami oleh anak kelas V MIM 1 Pantenan terdapat pada indikator soal nomor 1 & 6. Pada indikator soal nomor 1 yakni pada konsep proses terjadinya fotosintesis pada tumbuhan hijau, dalam hal ini sebagian besar anak kelas V MIM 1 Pantenan menjawab bahwa proses fotosintesis hanya dapat terjadi pada siang hari saja dengan bantuan cahaya matahari. Sedangkan pada indikator soal nomor 6 yakni konsep berlangsungnya fotosintesis jika tidak adanya intensitas cahaya matahari yang memenuhi, dalam hal ini sebagian besar anak kelas V MIM 1 Pantenan menjawab bahwa apabila tidak adanya intensitas cahaya matahari yang memenuhi maka fotosintesis tidak dapat berlangsung. Kata kunci : Miskonsepsi, Fotosintesis, CRI
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Miskonsepsi, Fotosintesis, CRI |
Subjects: | Education Primary and secondary education |
Divisions: | Faculty of Teacher Training and Education > Primary Teacher Education Study Program |
Depositing User: | Lathifatul Mahdiyah |
Date Deposited: | 03 Jan 2022 05:51 |
Last Modified: | 03 Jan 2022 05:51 |
URI: | http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/5409 |
Actions (login required)
View Item |