FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN TINGKAT STRES MAHASISWA DI ERA PEMBELAJARAN VIRTUAL MASA PANDEMI COVID19

Afifah, Yuni (2022) FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN TINGKAT STRES MAHASISWA DI ERA PEMBELAJARAN VIRTUAL MASA PANDEMI COVID19. FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN TINGKAT STRES MAHASISWA DI ERA PEMBELAJARAN VIRTUAL MASA PANDEMI COVID19, 2 (2). pp. 128-137. ISSN 2747-156X

[img] Text
2021_TA_PSIK_18012005_Persetujuan publikasi jurnal.pdf

Download (427kB)
[img] Text (Artikel Publikasi)
3340
Restricted to Repository staff only until 10 August 2027.

Download (22kB)
Official URL: http://journal.umg.ac.id/index.php/ijpn/article/vi...

Abstract

Latar Belakang : Perguruan tinggi meniadakan kegiatan belajar mengajar di kampus dan mengalihkannya menjadi pembelajaran jarak jauh (Virtual), Perubahan sistem pembelajaran yang terjadi akibat Covid-19 tentunya berdampak buruk pada psikologis mahasiswa salah satunya adalah stress .Tujuan penelitian ini untuk Mengetahui faktor- faktor yang berhubungan dengan tingkat stres mahasiswa fakultas kesehatan Universitas Muhammadiyah Gresik di era pembelajaran virtual masa pandemi. Metode : Penelitian obrservasional analitik dengan desain penelitian cross sectional. Populasi 349 mahasiswa, sampel 186 mahasiswa , teknik sampling simple random sampling. Variabel independen Interaksi, akses internet, ekonomi keluarga, ketetapan jadwal, pengetahuan dan kejenuhan belajar. Variable dependen tingkat stress. Analisa data menggunakan analisis bivariat uji chi square Hasil : Hasil penelitian menunjukkan ada hubungan antara interaksi p=0,002<0,05, akses internet p=0,000<0,05 , ketetapan jadwal p=0,000<0,05 , pengetahuan p=0,000<0,05, kejenuhan p=0,000 <0,05, dengan tingkat stress dan tidak ada hubungan antara ekomoni ρ=0,058.>0,05 dengan tingkat stress. Kesimpulan : Ada hubungan interaksi, akses internet, ketetapan jadwal, pengetahuan media SPADA , kejenuhan belajar dengan tingkat stress mahasiswa dan tidak ada hubungan ekonomi keluarga dengan tingkat stress mahasiswa Saran : Universitas dapat merancang metode-metode baru terkait pembelajaran virtual diera pandemi atau dengan mengadakan pertemuan seminggu sekali dengan kapasitas 50% mahasiswa sehingga bisa meminimalisir kejadian stres

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Tingkat Stres, Mahasiswa, Pembelajaran Virtual
Subjects: Health
Nursing
Divisions: Faculty of Health > Nursing Study Program
Depositing User: Yuni Afifah
Date Deposited: 10 Aug 2022 04:06
Last Modified: 10 Aug 2022 04:06
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/5538

Actions (login required)

View Item View Item