Siskhayunita, Zelly (2022) POLA ASUH SINGLE PARENTTERHADAP MOTIVASI BELAJAR ANAK SISWA KELAS II UPT SDN 90 GRESIK. Humanis Jurnal Ilmu Ilmun Sosial dan Humaniora, 14 (1). pp. 33-39. ISSN 2579-8987
Text
LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI JURNAL.pdf Download (376kB) |
|
Text (Artikel Publikasi)
1830 Restricted to Repository staff only Download (4kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pola asuh orang tua khususnya pada orang tua tunggal atau single parent dalam mendidik anaknya serta cara orang tua dalam memberikan motivasi belajar kepada anak untuk meningkatkan prestasi belajar yang dimiliki oleh peserta didik pada kelas II di UPT SDN 90 Gresik. Teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Instrumen pengumpelan data menggunakan pedoman dan uji validasi. Analisis data menggunakan pengumpulan data, penyajian data, dan kesimpulan. Uji keabsaan data menggunakan tringulasi teknik dan sumber. Hasil penelitian disimpulkan bahwa kedua orang tua tersebut menerapkan pola asuh otoritif, namun pada salah satunya dari orang tua A tersebut juga menerapkan pola asuh otoriter. Kegiatan yang dilakukan oleh peserta didik mendapat dukungan oleh orang tua serta kebutuhan anak terpenuhi. Kedua orang tua memproritaskan anak dalam hal pendidikan serta diimbangi pula dari segi agama. Anak tidak dituntut untuk mendapatkan nilai bagus, namun orang tua selalu mendukung apapun yang didapatkan oleh anak. Jika anak mendapatkan hasil yang bagus, anak mendapat hadiah baik dari ucapan maupun barang. Kedua orang tua tidak memberikan hukuman yang berbentuk fisik namun berupa teguran . Prestasi yang dihasilkan dari kedua peserta didik menonjol dari segi akademik.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pola Asuh, Berprestasi, Motivasi Belajar |
Subjects: | Education Primary and secondary education |
Divisions: | Faculty of Teacher Training and Education > Primary Teacher Education Study Program |
Depositing User: | Zelly Siskhayunita |
Date Deposited: | 11 Feb 2022 07:42 |
Last Modified: | 11 Feb 2022 07:42 |
URI: | http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/5587 |
Actions (login required)
View Item |