ANALISIS KEPUASAN MAHASISWA TERHADAP PELAYANAN DI PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH GRESIK DENGAN METODE SERVQUAL TERINTEGRASI DENGAN IMPROVEMENT GAP ANALYSIS (IGA)

Fanani, Ardian (2022) ANALISIS KEPUASAN MAHASISWA TERHADAP PELAYANAN DI PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH GRESIK DENGAN METODE SERVQUAL TERINTEGRASI DENGAN IMPROVEMENT GAP ANALYSIS (IGA). JUSTI ( Jurnal Sistem dan Teknik Industri, 2 (2). pp. 175-185. ISSN 2748-0835

[img] Text
HALAMAN PERSETUJUAN PUBLIKASI JURNAL Ardian Fanani.pdf

Download (125kB)
[img] Text (Artikel Publikasi)
2193
Restricted to Repository staff only

Download (3kB)
Official URL: http://journal.umg.ac.id/index.php/justi/article/v...

Abstract

Perguruan tinggi adalah kelanjutan pendidikan yang dilakukan untuk mempersiapkan mahasiswa menjadi anggota masyarakat yang mempunyai kemampuan akademis dan profesional yang dapat mengembangkan, menciptakan dan menerapkan teknologi, ilmu pengetahuan dan kesenian. Perguruan tinggi mempunyai peranan yang sangat penting dalam peningkatan sumberdaya manusia. Salah satu aspek penting dalam sebuah perpustakaan adalah pelayanan. Pelayanan yang diberikan pustakawan adalah citra dari sebuah perpustakaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas pelayanan Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Gresik, dilakukan untuk mengetahui atribut yang perlu perbaikan di perpustakaan Universitas Muhammadiyah Gresik. Metode Service Quality (SERVQUAL) dipilih karena mempunyai dimensi metode SERVQUAL bisa digunakan untuk alat yang valid pengukuran gap antara pelayanan yang diperoleh dan yang diharapkan dari mahasiswa. Sehingga untuk menutupi kekurangan SERVQUAL peneliti menggunakan alat lainnya yaitu yaitu Improvement gap analysis (IGA) merupakan suatu analisis kuadran sederhana untuk mengarahkan upaya perbaikan yang dilakukan oleh suatu perusahaan yang berhubungan dengan excitement attributes dan basic attributes. Berdasarkan hasil perhitungan SERVQUAL score yang didapatkan dalam mengukur kualitas pelayanan perpustakaan Universitas Muhammadiyah Gresik, didapatkan bahwa semua atribut yang digunakan dalam penelitian ini memiliki nilai SERVQUAL score negative yang berarti bahwa performa pelayanan perpustakaan Universitas Muhammadiyah Gresik belum sesuai dengan harapan mahasiwa. Sehingga kualitas pelayanan perpustakaan Universitas Muhammadiyah Gresik saat ini perlu dilakukan perbaikan. Atribut yang perlu untuk dilakukan perbaikan, berdasarkan metode IGA yaitu atribut yang terletak pada kuadran I. terdapat 4 atribut yang masuk dalam kuadran I, Usulan yang perlu untuk dilakukan perbaikan , terdapat 4 usulan, yaitu pihak perpustakaan Universitas Muhammadiyah Gresik menambah lagi koleksi buku-buku, penerapan 3s (senyum, sapa, salam) lebih di tekankan lagi.

Item Type: Article
Subjects: Engineering > Industrial Engineering
Engineering
Divisions: Faculty of Engineering > Industrial Engineering Study Program
Depositing User: Ardian Fanani
Date Deposited: 11 Feb 2022 08:33
Last Modified: 18 Jul 2022 01:27
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/5617

Actions (login required)

View Item View Item