PENGEMBANGAN ALAT EVALUASI PEMBELAJARAN BERBASIS TWO TIER MULTIPLE CHOICE DENGAN MENGGUNAKAN APLIKASI QUIZIZZ

Asiana, Nur ana (2022) PENGEMBANGAN ALAT EVALUASI PEMBELAJARAN BERBASIS TWO TIER MULTIPLE CHOICE DENGAN MENGGUNAKAN APLIKASI QUIZIZZ. Didaktika, 28 (2). pp. 109-121. ISSN 2621-8941

[img]
Preview
Text
Persetujuan Publikasi Jurnal nur ana.pdf

Download (141kB) | Preview
[img] Text (Artikel Publikasi)
3704
Restricted to Repository staff only until 4 March 2027.

Download (24kB)
Official URL: http://journal.umg.ac.id/index.php/didaktika/artic...

Abstract

Tujuan Penelitian adalah mengembangkan alat evaluasi berbasis two tier multiple choice menggunakan aplikasi quizizz untuk mengetahui hasil belajar matematika. Model penelitian yang digunakan adalah 4D. Subjek dalam penelitian adalah kelas IX-B MTs Nurul Huda Leran. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar wawancara, lembar validasi, instrument tes, dan angket. Teknik analisis data menggunakan analisis kuantitatif dan kualitatif. Hasilnya adalah: alat evaluasi layak karena memenuhi 2 kriteria valid dan efektif. Kriteria valid berdasarkan penilaian ahli media 84% (sangat layak), dan ahli materi 91% (sangat layak). Kriteria efektif dilihat dari respon peserta didik dan kualitas butir soal. Hasil respon peserta didik diperoleh 94% (sangat menarik). Sedangkan kualitas butir soal,yaitu uji validitas terdapat semua 10 soal valid. Uji reliabilitas terdapat 1 soal tidak reliabel. Uji tingkat kesukaran terdapat 7 soal sedang, 3 soal mudah, dan tidak terdapat soal sulit. Uji daya pembeda terdapat 2 soal sangat baik, 5 soal baik, 3 soal cukup, dan tidak terdapat dalam kategori jelek. Efektivitas pengecoh terdapat 1 opsi pengecoh yang dipilih dari seluruh peserta didik.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Penelitian Pengembangan (R&D), Alat Evaluasi, Two Tier Multiple Choice, Quizizz.
Subjects: Mathematic Education
Depositing User: Nur Ana Asiana
Date Deposited: 10 Mar 2022 02:14
Last Modified: 10 Mar 2022 02:14
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/5696

Actions (login required)

View Item View Item