Maghfiroh, Rahayu Lailatul (2022) PENGEMBANGAN E-LKPD BERBASIS ETNOMATEMATIKA MENGGUNAKAN APLIKASI ANYFLIP MATERI SEGIEMPAT DAN SEGITIGA. DIDAKTIKA : Jurnal Pemikiran Pendidikan, 28 (2). pp. 15-27. ISSN 2621-8941
|
Text
Halaman Pengesahan.pdf Download (361kB) | Preview |
|
Text (Artikel Publikasi)
2188 Restricted to Repository staff only until 7 March 2027. Download (3kB) |
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk menghasilkan produk lembar kerja peserta didik elektronik (E-LKPD) berbasis etnomatematika menggunakan aplikasi anyflip materi segiempat dan segitiga yang memperoleh kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan sehingga layak digunakan oleh peserta didik. Metode yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu penelitian dan pengembangan dengan menggunakan model four-D yang terdiri dari tahap define, design, development, dan disseminate. Untuk mengukur E-LKPD sehingga layak digunakan yaitu menggunakan instrumen lembar tes wawancara untuk pendidik dan peserta didik, lembar validasi ahli untuk mengukur kevalidan produk, tes hasil belajar peserta didik untuk mengukur keefektifan produk, dan angket respon peserta didik untuk mengukur kepraktisan produk. Hasil yang diperoleh dalam penelitian dan pengembangan yaitu memperoleh persentase kevalidan sebesar 95,7% kepraktisan sebesar 82,88%, dan keefektifan sebesar 81,00%. Oleh karena itu pengembangan E-LKPD berbasis etnomatematika menggunakan aplikasi anyflip mempunyai kualitas yang baik dan layak sehingga dapat dimanfaatkan oleh peserta didik kelas VII sebagai pendamping belajar dalam proses pembelajaran.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Lembar Kerja Peserta Didik Elektronik, Etnomatematika, Aplikasi Anyflip |
Subjects: | Mathematic Education Primary and secondary education |
Divisions: | Faculty of Teacher Training and Education > Mathematic Education Study Program |
Depositing User: | RAHAYU LAILATUL MAGHFIROH |
Date Deposited: | 07 Mar 2022 07:59 |
Last Modified: | 07 Mar 2022 07:59 |
URI: | http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/5705 |
Actions (login required)
View Item |