Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematik Mahasiswa Pada Mata Kuliah Teori Grup Melalui Pembelajaran Tutor Sebaya

Khikmiyah, Fatimatul (2014) Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematik Mahasiswa Pada Mata Kuliah Teori Grup Melalui Pembelajaran Tutor Sebaya. In: Seminar Nasional Pendidikan Matematika Ahmad Dahlan (SENDIKMAD 2014), 27 Desember 2014, Yogyakarta.

[img] Text
Fatimatul Khikmiyah Prosiding Seminar Nasional UAD 2014.pdf

Download (1MB)

Abstract

Teori grup banyak menggunakan bahasa matematika(lambang, simbol dan tanda)sehingga erat kaitannya dengan komunikasi baik secara lisan maupun dengan tulisan. Dalam proses pembelajaran, selama ini metode yang digunakan kurang menunjukkan interaksi yang baik antara dosen dengan mahasiswa juga antar mahasiswa itu sendiri. Oleh karena itu, dalam penelitian ini diterapkan metode pembelajaran tutor sebaya yang didasarkan pada prinsip interaksi dan sosialisasi. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah kemampuan komunikasi matematik mahasiswa secara lisan dan tulisan dapat ditingkatkan setelah diterapkan metode tutor sebaya. Subyek penelitian ini adalah mahasiswa semester 3(tiga) prodi pendidikan matematika FKIP-UMG yang berjumlah 35 mahasiswa yang terdiri dari 5 mahasiswa laki-laki dan 30 mahasiswa perempuan. Jenis penelitian yang digunakan yaitu Classroom Action Research (CAR) dengan 4 siklus. Metode yang digunakan adalah metode dokumentasi, observasi dan tes. Pengklasifikasian komunikasi dibagi menjadi 5 level. Pengklasifikasian ini didasarkan pada QUASAR General Rubric yang dibuat oleh Suzanne Lane dan rubrik yang dikembangkan oleh Oregon Department of Education Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa rata-rata kemampuan komunikasi secara lisan mahasiswa rata-rata pada siklus I sebesar 3,47 atau berkategori baik pada siklus II 3,82 pada siklus III 4,26 dan siklus IV sebesar 4,47 atau dalam kategori sangat baik. Sedangkan komunikasi matematik dengan tulisan meningkat dari 2,00 pada siklus pertama 2,68 pada siklus kedua 3,53 pada siklus ketiga dan 4,24 pada siklus terakhir.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects: Education
Divisions: Prociding
Depositing User: Fatimatul Khikmiyah
Date Deposited: 18 Mar 2022 06:34
Last Modified: 18 Mar 2022 06:34
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/5745

Actions (login required)

View Item View Item