Febriani, Nabilah Dwi (2022) Analisis Tingkat Kepuasan Mahasiswa Universitas XYZ Terhadap Program PERMATA-SAKTI Tahun 2020 dengan Metode HEdPERF dan HiEDQUAL. Jurnal Media Teknik dan Sistem Industri, 6 (1). pp. 1-11. ISSN 2581-0561
|
Text
Halaman persetujuan publikasi jurnal.pdf Download (589kB) | Preview |
|
Text (Artikel Publikasi)
1606 Restricted to Repository staff only until 13 April 2027. Download (25kB) |
Abstract
Kepuasan mahasiswa merupakan salah satu hal yang sangat penting dalam peningkatan kualitas layanan dalam perguruan tinggi. Kepuasan mahasiswa terbentuk apabila seluruh kebutuhan mahasiswa selama menempuh perkuliahan dapat dipenuhi dengan baik oleh perguruan tinggi. Merdeka Belajar –Kampus Merdeka (MBKM) merupakan kebijakan yang dikeluarkan oleh Kemdikbud(saat ini Kemdikbud Ristek)dalam rangka mendorong mahasiswa untuk menguasai berbagai bidang keilmuanyang dikemas dengan berbagai macam program salah satunya yaitu pertukaran pelajar. PERMATA-SAKTI merupakanbentuk implementasi dari pertukaran pelajar dan salah satu program yang masuk dalam Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 74/P/2021sehingga keberlangsungan programnya akan terus berlanjut hingga tahun-tahun berikutnya maka perlu dilakukan penilaian sebagai bahan evaluasi untuk peningkatan di tahun berikutnya. Pada tahun-tahun sebelumnya, PERMATA-SAKTI dilakukan secara offline denganmendatangi kampus pertukaran. Namun, pada 2020 program PERMATA-SAKTI dilakukan secara online akibat pandemi COVID-19 yang melanda seluruh Indonesia. Pada saat implementasinyatentu tidak semulus tahun-tahun sebelumnya karena adanya peralihan dari offline ke online sehingga membutuhkan penyesuaian. Adanya penyesuaian tersebut paling tidak dapat mempengaruhi kepuasan mahasiswa terhadap program PERMATA-SAKTI. Penelitian ini bertujuan untukmelakukan penilaian kepuasan denganmengukur tingkat kepuasan mahasiswa Universitas XYZ terhadap Program PERMATA-SAKTI tahun 2020. Selain itu, hasil penelitian ini juga akanmengetahui atribut-atribut yang mempengaruhi kepuasan mahasiswa serta memberikan usulan terkait kualitas pelayanan pada Program PERMATA-SAKTI yangditinjau dari segi komponen PT Pengirim(Universitas XYZ), PT Penerima(Universitas yang berada diIndonesiawilayah Barat dan Timur), dan Belmawakarena dalam pelaksanaan Program PERMATA-SAKTI melibatkan ke tiga komponen tersebut sehingga perlu untuk dilakukan peninjauan terhadap ke tiganya.Atribut yang digunakan dalam penelitian adalah sebanyak 29 atribut. Metode yang digunakan adalah HEdPERF danHiEDQUAL. Pengukuran kepuasan didasarkan pada nilai gap antara persepsi dan harapan. Hasil yang didapat adalah 20 atribut memiliki nilai gap negatif atau sebesar 68,9% dari keseluruhan atribut,di manaberasal dari atribut yang terkait dengan PT Pengirim sebesar 37,9% dan PT Penerima sebesar 31,03%.Atribut yang terkait dengan belmawa seluruhnya memiliki nilai gap yang positif. Secara garis besar kepuasan mahasiswa masih di bawah harapan. Usulan yang diberikan secara keseluruhan adalah ke tiga komponen yang terlibat dalam program PERMATA-SAKTI hendaknya melakukan peningkatan layanan baik secara akademik maupun administrasi sehingga mahasiswa akan lebih puas terhadap layanan pada Program PERMATA-SAKTI di tahun-tahun selanjutnya.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kepuasan Mahasiswa; Program PERMATA-SAKTI; HEdPERFdan HiEDQUAL |
Subjects: | Engineering > Industrial Engineering Engineering |
Divisions: | Faculty of Engineering > Industrial Engineering Study Program |
Depositing User: | Nabilah Dwi Febriani |
Date Deposited: | 19 Apr 2022 05:42 |
Last Modified: | 19 Apr 2022 05:42 |
URI: | http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/5822 |
Actions (login required)
View Item |