Alif, Asluchul (2022) PENGARUH KUALITAS SUMBER DAYA MANUSIA DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KINERJA TENAGA KESEHATAN INSTALASI GAWAT DARURAT DAN INSTALASI RAWAT JALAN DENGAN KOMPENSASI SEBAGAI VARIABEL MEDIASI DI RS FATHMA MEDIKA GRESIK. Budapest International Research and Critics Institute (BIRCI-Journal) : Humanities and Social Sciences, 5 (1). pp. 4809-4824. ISSN e-ISSN: 2615-3076 dan p-ISSN: 2615-1715
|
Text
halaman persetujuan publikasi jurnal.pdf Download (406kB) | Preview |
|
Text (Artikel Publikasi)
4188 Restricted to Repository staff only until 26 April 2027. Download (37kB) |
Abstract
Alif, Asluchul, 2022 “Pengaruh Kualitas Sumber Daya Manusia Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kinerja Tenaga Kesehatan Instalasi Gawat Darurat Dan Instalasi Rawat Jalan Dengan Kompensasi Sebagai Variabel Mediasi di RS Fathma Medika Gresik”. Tesis. Program Studi Magister Manajemen. Program Pascasarjana. Universitas Muhammadiyah Gresik. Pembimbing I Dr. Ir. Djoko Soelistya, M.M., CPHCM., CHRMP., Pembimbing II Dr. Eva Desembrianita, Dra., M.M. Kata kunci: Kualitas SDM, Kinerja Tenaga Kesehatan, Kompensasi Rumah Sakit Fathma Medika selama 3 tahun terakhir (2019-2021) mengalami penurunan pendapatan dan kunjungan pasien yang signifikan. Penurunan pendapatan dan kunjungan pasien diduga karena adanya penurunan kinerja tenaga kesehatan. Pada kondisi eksisting, telah didukung oleh kualitas SDM kesehatan yang berkompeten, selain itu Rumah Sakit Fathma Medika juga memberikan kompensasi kepada tenaga kesehatan berupa remunerasi secara berkala. Akan tetapi, hal tersebut tidak membuat jumlah pendapatan dan kunjungan pasien meningkat. Tujuan dari penelitian ini yaitu mengukur pengaruh kualitas sumber daya manusia dan kualitas pelayanan terhadap kinerja tenaga kesehatan di IGD dan IRJ dengan Kompensasi sebagai variabel mediasi di RS Fathma Medika Gresik. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan bantuan program SEM-PLS. Responden penelitian terdiri dari tenaga kesehatan dokter dan perawat yang bertugas di Instalasi Gawat Darurat dan Instalasi Rawat Jalan Rumah Sakit Fathma Medika, yaitu 68 orang responden. Hasil penelitian uji pengaruh langsung menunjukkan bahwa (1) kualitas SDM berpengaruh langsung terhadap kinerja tenaga kesehatan dengan nilai P-value 0,006, (2) kualitas SDM berpengaruh langsung terhadap kompensasi P-values sebesar 0,031, (3) kualitas pelayanan berpengaruh langsung terhadap kompensasi diperoleh P-values sebesar 0,001, (4) kualitas pelayanan berpengaruh langsung terhadap kinerja tenaga kesehatan diperoleh P-Values sebesar 0,000, (5) kompensasi berpengaruh langsung terhadap kinerja tenaga kesehatan P-Values yaitu 0.010. Hasil uji pengaruh tidak langsung menunjukkan melalui variabel mediasi kompensasi (6) kualitas SDM tidak berpengaruh secara tidak langsung terhadap kinerja tenaga kesehatan melalui kompensasi sebagai variable mediasi dengan P-Values sebesar 0, 082, sedangkan (7) kualitas pelayanan tidak berpengaruh secara tidak langsung terhadap kinerja tenaga kesehatan melalui kompensasi sebagai variable mediasi dengan P-Values sebesar 0,051.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kualitas SDM, Kinerja Tenaga Kesehatan, Kompensasi |
Subjects: | Economic And Business Management |
Divisions: | Postgraduate Programs > Master Program in Management |
Depositing User: | Asluchul Alif |
Date Deposited: | 24 May 2022 08:08 |
Last Modified: | 24 May 2022 08:08 |
URI: | http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/5841 |
Actions (login required)
View Item |