IMPLEMENTASI METODE NAIVE BAYES UNTUK MENENTUKAN JURUSAN SISWA SMA. STUDI KASUS SMA ISLAM DUDUK SAMPEAN KAB. GRESIK

FAHMI, M. RIJAL (2018) IMPLEMENTASI METODE NAIVE BAYES UNTUK MENENTUKAN JURUSAN SISWA SMA. STUDI KASUS SMA ISLAM DUDUK SAMPEAN KAB. GRESIK. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.

[img] Text
9. Abstrak.pdf

Download (6kB)
[img] Text
11. BAB I.pdf

Download (171kB)
[img] Text
12. BAB II.pdf

Download (986kB)
[img] Text
13. BAB III.pdf

Download (1MB)
[img] Text
14. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
15. BAB V.pdf

Download (152kB)

Abstract

Penjurusan siswa merupakan upaya untuk membantu siswa dalam memilih jenis sekolah atau program pengajaran yang sesuai dengan minat dan bakat siswa. Permasalahan yang ada di SMA Islam Duduk Sampeyan adalah banyaknya data siswa setiap tahunnya membuat guru BK dan pihak sekolah merasa kesulitan dalam menentukan jurusan siswa, ditambah lagi semakin banyak siswa maka semakin lama pula proses penentuan jurusan siswa. Apabila proses penentuan jurusan semakin lama maka akan berdampak pada kegiatan belajar mengajar. Naïve Bayes Classifier merupakan sebuah metoda klasifikasi yang berakar pada teorema Bayes. Metode pengklasifikasian dengan menggunakan metode probabilitas dan statistik yang dikemukakan oleh ilmuwan Inggris Thomas Bayes, yaitu memprediksi peluang di masa depan berdasarkan pengalaman di masa sebelumnya sehingga dikenal sebagai Teorema Bayes. Hasil yang didapatkan dari penelitian ini adalah sistempenentuanpenjurusan siswa yang dibangundapatmenentukanpenjurusan siswa. Dengan adanya sistem klasifikasi ini, pihakpanitia penjurusan (BK)dapat dimudahkan dalam menentukan penjurusan siswa.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Subjects: Engineering > Informatics Engineering
Engineering
Divisions: Faculty of Engineering > Informatics Engineering Study Program
Depositing User: Shandy Rahma Ramadhan, S.IIP
Date Deposited: 07 Nov 2018 10:58
Last Modified: 08 Mar 2019 04:11
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/621

Actions (login required)

View Item View Item