ANALISIS KEPUASAN PELANGGAN TERHADAP KUALITAS LAYANAN DISTRIBUSI MENGGUNAKAN METODE PDSQ PADA UD. ZAHRA BAROKAH

Romdloni, Ahmad Rahmad (2022) ANALISIS KEPUASAN PELANGGAN TERHADAP KUALITAS LAYANAN DISTRIBUSI MENGGUNAKAN METODE PDSQ PADA UD. ZAHRA BAROKAH. Journal of Industrial Engineering and Operation Management, 5 (1). pp. 15-26. ISSN 2620-8184

[img]
Preview
Text
HALAMAN PERSETUJUAN PUBLIKASI.pdf

Download (266kB) | Preview
[img] Text (Artikel Publikasi)
7132
Restricted to Repository staff only until 5 September 2027.

Download (31kB)
Official URL: https://ojs.uniska-bjm.ac.id/index.php/jieom/artic...

Abstract

UD. Zahra Barokah merupakan perusahaan yang bergerak pada pengolahan kerupuk ikan. Terdapat keluhan dari konsumen kepada perusahaan yaitu kecepatan waktu pengiriman produk, kurangnya kualitas produk, dan kurangnya informasi yang dijual. Penelitian ini berencana untuk memutuskan seberapa puas konsumen dengan administrasi perusahaan dan untuk mencari kebutuhan mana yang dianggap penting untuk peningkatan kinerja perusahaan. Physical Distribution Service Quality (PDSQ) sebagai instrumen pada penelitian ini. melalui penyebaran angket kepada 55 responden. Pengolahan data penelitian ini meliputi Uji Validitas, Uji Reliabilitas, Analisis GAP, Customer Satisfaction Index (CSI), Importance Performance Analysis (IPA). Semua atribut pernyataan dinyatakan valid dan reliabel. Pada atribut kualitas produk menempati peringkat pertama kesenjangan sebesar (-1.76) dan dimensi Timeliness (-1.22). Pada perhitungan CSI dihasilkan tingkat kepuasan pelanggan sebesar 59% artinya masuk kategori cukup puas. Selanjutnya dalam analisis IPA diketahui ada 3 atribut prioritas yang perlu ditingkatkan perusahaan yaitu atribut kecepatan waktu pelayanan pemesanan, kecepatan waktu pengiriman produk, dan kualitas produk.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Kepuasan Pelanggan, PDSQ, CSI, IPA.
Subjects: Engineering > Industrial Engineering
Engineering
Divisions: Faculty of Engineering > Industrial Engineering Study Program
Depositing User: Ahmad Rahmad Romdloni
Date Deposited: 06 Sep 2022 03:30
Last Modified: 06 Sep 2022 03:30
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/6302

Actions (login required)

View Item View Item