Analisis Strategi Pemasaran dengan Menggunakan Metode SWOT Guna Meningkatkan penjualan Produk Lemari di UD. Abdi Rakyat

Aistiawan, Muhammad Rizky Surya (2022) Analisis Strategi Pemasaran dengan Menggunakan Metode SWOT Guna Meningkatkan penjualan Produk Lemari di UD. Abdi Rakyat. Analisis Strategi Pemasaran dengan Menggunakan Metode SWOT Guna Meningkatkan penjualan Produk Lemari di UD. Abdi Rakyat, 7 (1). pp. 1-10. ISSN 2528-3561

[img] Text
Halaman Persetujuan Publikasi Jurnal (2).pdf

Download (159kB)
[img] Text (Artikel Publikasi)
article/view/2683-2692
Restricted to Repository staff only until 4 August 2027.

Download (28kB)
Official URL: https://ojs.serambimekkah.ac.id/jse/index

Abstract

UD. Abdi Rakyat merupakan usaha di bidang pembuatan lemari dengan bahan utamanya kaca dan aluminium. Penjualan produknya sering mengalami kondisi fluktuatif, ditandai dengan peningkatan dan penurunan penjualan yang tidak stabil Penelitian ini menerapkan analisis metode SWOT yang berisi langkah perencanaan strategi untuk mengevaluasi segala bentuk kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman dalam setiap usaha. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui faktor penyebab penjualan lemari yang fluktuatif dan mengetahui strategi pemasaran yang cocok digunakan dalam usaha peningkatan penjualan produknya. Hasil penelitian menunjukkan terdapat berbagai macam faktor internal eksternal yang menghambat jalannya usaha tersebut. Nilai total skor dari perhitungan matriks IFAS&EFAS yaitu Strength 2,86, Weakness 2,33, Opportunity 1,80 dan Threat 1,70 Hasil diagram matriks SWOT menunjukkan bahwa UD. Abdi Rakyat berada pada kuadran 1 dan memiliki nilai selisih tertimbangnya positif yakni (0,53; 0,10). Dari berbagai banyak macam pembentukan strategi peningkatan penjualan produk lemari di UD Abdi rakyat, maka disimpulkan bahwa usaha tersebut perlu mengaplikasikan strategi SO agar tujuan perusahaan dapat tercapai dengan cepat dan tepat. Kata Kunci: analisis SWOT, Makris IFAS & FEAS, Matriks IE, produk lemari, strategi pemasaran

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: SWOT analysis, IFAS & EFAS Matrix, IE Matrix, cabinet product, marketing strategy
Subjects: Engineering > Industrial Engineering
Engineering
Divisions: Faculty of Engineering > Industrial Engineering Study Program
Depositing User: Muhammad Rizky Surya Aistiawan
Date Deposited: 04 Aug 2022 08:19
Last Modified: 04 Aug 2022 08:19
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/6316

Actions (login required)

View Item View Item