Zyam, Nira Sari Syahrul (2022) ANALISIS KETERAMPILAN MEMIRSA PADA VIDEO PEMBELAJARAN CERITA RAKYAT MELALUI WHATSAPP. COLLASE (Creative of Learning Students Elementary Education), 5 (4). pp. 645-652. ISSN 2614-4093
|
Text
Halaman Persetujuan Publikasi Jurnal.pdf Download (241kB) | Preview |
|
Text (Artikel Publikasi)
Artikel Nira Sari Jurnal collase.pdf Restricted to Repository staff only until 26 August 2027. Download (258kB) |
Abstract
Keterampilan memirsa merupakan keterampilan baru yang diadopsi dari perkembangan teknologi sehingga memudahkan uduk diadaptasi oleh masyarakat dalam hal pendidikan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis keterampilan memirsa video cerrita rakyat legenda Gunung Merapi pada siswa kelas 4 UPT SDN 35 Gresik pada pembelajaran Bahasa Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif pendekatan deskiptif yang berytujuan untuk mendeskripsikan kejadian yang berlanhgsung selama pengambilan data secara nasari ilmiah. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas 4 UPT SDN 35 Gresik berjumlah 39 siswa. Sumber data diambil dengan menggunakan cara observasi, wawancara serta tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan memirsa pada siswa kelas 4 UPT SDN 35 Gresik hasilnya cukup baik. Dalam setiap indikator yang disajikan siswa menunjukkan bisa dalam keterampilan memirsa. Indikatornya adalah menonotn, mendengar dan mecermati. Upaya yang dilakukan untuk meningkatkan dalam keterampilan memirsa adalah dengan menata ulang ruang lingkup materi, memilih model dan media belajar yang telah disesuaikan dengan kondisi serta penerapan konsep dalam proses pembelajaran yang bisa diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | keterampilan memirsa, video cerita rakyat, Whatsapp. |
Subjects: | Education Primary and secondary education |
Divisions: | Faculty of Teacher Training and Education > Primary Teacher Education Study Program |
Depositing User: | Nira Sari Syahrul Zyam |
Date Deposited: | 08 Sep 2022 02:22 |
Last Modified: | 08 Sep 2022 02:22 |
URI: | http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/6425 |
Actions (login required)
View Item |