PENGEMBANGAN E-MODUL MATEMATIKA BERBASIS ICARE (INTRODUCTION, CONNECTION, APPLICATION, REFLECTION, EXTENSION) DENGAN MENGGUNAKAN ANYFLIP PADA MATERI NILAI TEMPAT

Rachmayuni, Nurul Ainia (2022) PENGEMBANGAN E-MODUL MATEMATIKA BERBASIS ICARE (INTRODUCTION, CONNECTION, APPLICATION, REFLECTION, EXTENSION) DENGAN MENGGUNAKAN ANYFLIP PADA MATERI NILAI TEMPAT. DIDAKTITA, 28 (2). pp. 166-175. ISSN 2621-8941

[img]
Preview
Text
Halaman Persetujuan.pdf

Download (453kB) | Preview
[img] Text (Artikel Publikasi)
3816
Restricted to Repository staff only until 29 August 2027.

Download (35kB)
Official URL: http://journal.umg.ac.id/index.php/didaktika

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk menghasilkan produk e-modul berbasis icare (introduction, connection, application, reflection, extension) yang menggunakan aplikasi anyflip pada materi nilai tempat. Penelitian ini telah memperoleh 3 kriteria yakni kevalidan, keefektifan, dan kepraktisan sehingga layak digunakan sebagai acuan belajar untuk peserta didik. Metode yang dilakukan dalam penelitian ini menggunakan model four-D yang terdiri dari define, design, development dan disseminate. Untuk mengukur e-modul sehingga layak digunakan yaitu menggunakan instrumen lembar validasi ahli untuk mengukur kevalidan produk, angket respon dan tes hasil belajar untuk mengukur keefektifan produk, serta pengamatan peserta didik untuk mengukur kepraktisan produk. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini memperoleh kevalidan ahli media 77% dan ahli materi 79%, keefektifan 83%, serta kepraktisan 60%. Oleh karena itu pengembangan e-modul berbasis icare menggunakan aplikasi anyflip berkualitas baik dan layak untuk dijadikan sebagai pendamping belajar oleh peserta didik selama proses pembelajaran.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Electronic Moduls, ICARE, Anyflip Application
Subjects: Education
Mathematic Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Mathematic Education Study Program
Depositing User: NURUL AINIA RACHMAYUNI
Date Deposited: 29 Aug 2022 04:37
Last Modified: 29 Aug 2022 04:37
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/6426

Actions (login required)

View Item View Item