Analisis Strategi Pemasaran Menggunakan Pendekatan Analisis SWOT Dan Quantitative Strategic Planning Matrix (QSPM) (Studi Kasus : Restoran Kimochi Eatery Gresik)

Rubihanto, Arif (2022) Analisis Strategi Pemasaran Menggunakan Pendekatan Analisis SWOT Dan Quantitative Strategic Planning Matrix (QSPM) (Studi Kasus : Restoran Kimochi Eatery Gresik). SITEKIN: Jurnal Sains, Teknologi dan Industri, 19 (2). pp. 234-240. ISSN 2721-2041

[img] Text
Halaman Persetujuan Arif.pdf

Download (551kB)
[img] Text (Artikel Publikasi)
17102
Restricted to Repository staff only until 22 September 2027.

Download (35kB)
Official URL: http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/sitekin/...

Abstract

Restoran Kimochi Eatery Gresik adalah sebuah usaha kuliner yang memilliki konsep makanan jepang. Permasalahan yang dihadapi saat ini terdapat pesaing yang ada di sekitar kota gresik serta bagaimana cara lain untuk meningkatkan omzet penjualan. Hasil matrik IE pada resto masuk kategori kuadran V yaitu Hold maintain berarti konsentrasi melalui integrasi horisontal. Strategi matriks QSPM prioritas pertama dengan sum total attractiveness score (STAS) 7,7 memperhatikan kualitas pelayanan kepada customer dan memperbaiki fasilitas yang ada agar menarik, prioritas kedua dengan total skor STAS 7,68 yakni memperbaiki pengelolaan usaha lebih baik lagi dengan memanfaatkan media sosial seperti Instagram, tiktok sebagai media promosi, prioritas ketiga dengan total STAS 7,19 yakni menambah relasi dengan pihak luar seperti mengikuti event yang diadakan oleh pemerintah daerah guna meningkatkan pendapatan dan kinerja usaha, prioritas keempat dengan total skor 7,09 yakni meningkatkan kualitas SDM dengan melakukan pelatihan pemasaran dan meningkatkan promosi, prioritas kelima dengan total skor STAS 7,07 yakni Ikut serta kegiatan UKM yang diadakan oleh pemerintah daerah untuk memperkenalkan cita rasa dari produk dengan menu yang bervariasi, prioritas keenam dengan total skor STAS 7,04 yakni mengoptimalkan penggunaan teknologi untuk memenuhi target permintaan, prioritas ketujuh dengan total skor STAS 6,97 yakni menjaga kualitas baik dari segi produk maupun pelayanan

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: SWOT; Quantitative Strategic Planning Matrix; UMKM; Maketing; Strategy
Subjects: Engineering > Industrial Engineering
Engineering
Divisions: Faculty of Engineering > Industrial Engineering Study Program
Depositing User: Arif Rubihanto
Date Deposited: 22 Sep 2022 02:50
Last Modified: 22 Sep 2022 02:50
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/6432

Actions (login required)

View Item View Item