Analisis Kepuasan Konsumen Pada CV. Salsabillah Group Dengan Menggunakan Metode Service Quality

Alja'far, Mohammad Syihabuddin (2022) Analisis Kepuasan Konsumen Pada CV. Salsabillah Group Dengan Menggunakan Metode Service Quality. SITEKIN: Jurnal Sains, Teknologi dan Industri, 19 (2). pp. 399-406. ISSN 2721-2041

[img]
Preview
Text
Halaman Persetujuan Jurnal.pdf

Download (331kB) | Preview
[img] Text (Artikel Publikasi)
18052
Restricted to Repository staff only until 15 September 2027.

Download (35kB)
Official URL: http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/sitekin/...

Abstract

CV. Salsabillah Group yaitu perusahaan manufaktur batu kumbung yang berlokasi di Ds. Bolo Kecamatan Ujung Pangkah Kabupaten Gresik. Dalam penjualan batu kumbung kepuasan pelayanan pelanggan sangat mempengaruhi kepercayaan konsumen. Maka dari itu kualitas pelayanan konsumen menjadi tolak ukur keberhasilan suatu perusahaan. Pada data penjualan batu kumbung di CV. Salsabilah Group selama bulan Mei – Oktober 2021 terjadi penurunan jumlah konsumen dengan grafik yang tidak stabil dan cenderung menurun. Untuk meningkatkan kualitas pelayanan konsumendiperlukan penerapan metode Service Quality guna memperbaiki kualitas dalam pelayanan kepada konsumen agar meningkatkan kepercayaan konsumen pada perusahaan. Dalam penelitian ini data diolah dengan melakukan uji Reabilitas, Uji Validitas, Perhitungan GAP. hasil dari penilitian ini menunjukkan bahwa pada 10 atribut kepuasan pada konsumen, terdapat GAP antara persepsi CV. Salsabillah Group dan harapan konsumen yang mempunyai nilai (-2,09) kondisi lingkungan perusahaan. sebaiknya pada jalanan perusahaan sampai tempat parkir agar segera diperbaiki lagi, karena berpengaruh terhadap kenyamanan pelanggan ketika berkunjung. yang berarti pelayanan konsumen di perusahaan tidak sesuai dengan keinginankonsumennya dan perbaikan masih harus dilakukan dengan menggunakan usulan perbaikan yang telah diberikan pada penelitian ini.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Kepuasan, Pelayanan Konsumen, Service Quality, Kualitas, Batu kumbung
Subjects: Engineering > Industrial Engineering
Engineering
Divisions: Faculty of Engineering > Industrial Engineering Study Program
Depositing User: Mohammad Syihabuddin Alja’far
Date Deposited: 15 Sep 2022 01:14
Last Modified: 15 Sep 2022 01:14
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/6509

Actions (login required)

View Item View Item