PENGEMBANGAN MEDIA PANCA (PADEPOKAN PANCASILA) MATERI SILA-SILA PANCASILA KELAS II SEKOLAH DASAR

Saputri, Oktavia Wahyu (2022) PENGEMBANGAN MEDIA PANCA (PADEPOKAN PANCASILA) MATERI SILA-SILA PANCASILA KELAS II SEKOLAH DASAR. JTIEE ( Journal of Teaaching in Elementary Education), 6 (1). pp. 1-9. ISSN 2599-2716

[img] Text
2017_TA_PGSD_HALAMAN PERSETUJUAN PUBLIKASI JURNAL.pdf

Download (265kB)
[img] Text (Artikel Publikasi)
4548
Restricted to Repository staff only until 28 September 2027.

Download (23kB) | Request a copy
Official URL: http://journal.umg.ac.id/index.php/jtiee/article/v...

Abstract

Hasil wawancara dengan guru kelas II UPT SD Negeri 24 Gresik terdapat beberapa masalah diantaranya penggunaan media pembelajaran yang terbatas pada gambar, buku teks peserta didik dan media ular tangga yang masih ada di pasaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran Panca pada mata pelajaran PKn materi sila-sila pancasila kelas II UPT SD Negeri 24 Gresik Tahun Ajaran 2020/2021. Proses pengembangan media pembelajaran dengan menggunakan model ADDIE yang terdiri dari 5 tahap yaitu : Analisis (Analysis), Desain (Design), Pengembangan (Develpoment), Implementasi (Implementation) dan Evaluasi (Evaluation). Subjek dalam penelitian ini terdiri dari 6 peserta didik kelas II UPT SD Negeri 24 Gresik. Teknik pengumpulan data dan instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, lembar validsi dan angket respon pesrta didik kelas II. Media pembelajaran Panca pada sila-sila pancasila telah melalui beberapa tahap validasi ahli dan respon peserta didik yang menunjukan bahwa pengembangan media pembelajaran panca untuk materi sila-sila pancasila memenuhi kriteria baik. Kriteria tersebut diantaranya valiadasi media pembelajaran yang dilakukan oleh 2 validator (dosen PGSD) memperoleh nilai rata-rata 86% sehingga dikategorikan layak dan validssi materi yang dilakukan oleh 2 validator (guru UPT SD Negeri 24 Gresik) memperoleh rata-rata 92,5% sehingga dikategorikan sangat layak serta respon peserta didik yang memperoleh nilai 92,5% sehingga dapat dikategorikan efektif dan sangat layak digunakan. Maka dapat dikatakan bahwa media pembelajaran Panca ini efektif digunakan dalam pembelajaran peserta didik kelas II.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Padepokan Pancasila; Model ADDIE
Subjects: Education
Primary and secondary education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Primary Teacher Education Study Program
Depositing User: Oktavia Wahyu Saputri
Date Deposited: 28 Sep 2022 07:05
Last Modified: 28 Sep 2022 07:05
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/6516

Actions (login required)

View Item View Item