Pengaruh Metode Buzz Group Terhadap Sikap Demokratis Siswa Kelas 4 Sekolah Dasar

Prihatini, Erina Juli (2022) Pengaruh Metode Buzz Group Terhadap Sikap Demokratis Siswa Kelas 4 Sekolah Dasar. JTIEE (Journal of Teaching in Elementary Education), 6 (1). pp. 2-3. ISSN 2599-2716

[img]
Preview
Text
HALAMAN PERSETUJUAN PUBLIKASI JURNAL.pdf

Download (198kB) | Preview
[img] Text (Artikel Publikasi)
4547
Restricted to Repository staff only until 22 September 2027.

Download (22kB)
Official URL: http://journal.umg.ac.id/index.php/jtiee/article/v...

Abstract

ikap demokratis yang dimiliki oleh siswa kelas 4 itu kurang dalam menerapkannya, sehingga kurang dapat mengahargai satu sama lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh dari metode buzz group terhadap sikap demokratis siswa kelas 4 SD. Metode penelitian ini merupakan penelitian pra ekperimen dengan bentuk One group pretest – posttest design.Teknik pengumpulan data yaitu Teknik observasi serta menggunakan lembar pengamatan untuk mengumpulkan data hasi dari mengamati sikap demokratis siswa. Analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas dan uji paired sample t-test yang mana menggunakan bantuan aplikasi SPSS versi 16.0 untuk mengolah datanya. Hasil analisis data menunjukan bahwa sebelum treatment dari metode buzz group nilai rata-ratanya memperoleh sebesar 36,53, sedangkan sesudah adanya treatment nilai rata-rata mengalami peningkatan mendapatkan skor 82,93. Dan juga hasil analisi data menggunakan uji paired sample t-test menunjukan huruf signifikan 0,0000 < 0,05. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh dari penggunaan metode buzz group terhadap sikap demokratis siswa. Dengan begitu penulis berharap bahwa metode ini dapat menjadi alternatif dalam mengembangkan sikap demokratis siswa yang kurang dan metode ini dapat digunakan dalam jangka panjang

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Sikap Demokratis, Metode Buzz Group
Subjects: Education
Primary and secondary education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Primary Teacher Education Study Program
Depositing User: Erina Juli Prihatini
Date Deposited: 22 Sep 2022 03:02
Last Modified: 22 Sep 2022 03:02
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/6528

Actions (login required)

View Item View Item