Pengaruh Penggunaan Software Geogebra Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep dan Pemecahan Masalah Matematika Peserta Didik

Mukarramah, Mukarramah (2022) Pengaruh Penggunaan Software Geogebra Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep dan Pemecahan Masalah Matematika Peserta Didik. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika (JIPM), 11 (1). pp. 67-80. ISSN 2502-1745

[img] Text
HALAMAN PERSETUJUAN PUBLIKASI JURNAL.pdf

Download (63kB)
[img] Text (Artikel Publikasi)
2022_TA_PMTK_180402015_Jurnal.pdf
Restricted to Repository staff only until 21 September 2027.

Download (761kB) | Request a copy
Official URL: http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/jipm/artic...

Abstract

Riset ini bertujuan untuk mengidentifikasi adanya pengaruh penggunaan software geogebra terhadap kemampuan pemahaman konsep dan pemecahan masalah matematika siswa. Riset ini berbentuk korelasional menggunakan pendekatan kuantitatif. Jumlah populasinya pada riset ini sekitar 321 siswa dan sampel yang digunakan sebanyak 178 siswa. Riset diaplikasikan di kelas VII di 2 SMP yaitu UPT. SMPN 20 Gresik dan SMP Muhammadiyah 4 Kebomas. Instrumen yang dipakai untuk riset ialah tes praktik penggunaan software geogebra, tes tulis kemampuan pemahaman konsep matematika, serta tes tulis kemampuan pemecahan masalah matematika. Tekniknya dalam analisa data yang dipakai ialah Structural Equation Modelling (SEM) bertaraf signifikansinya sekitar 5% sedangkan program yang dipakai dalam penganalisisan datanya ialah AMOS 22. Hasilnya menurut riset ini menggambarkan bahwa (1) adanya pengaruh positif yang siginifikan diantara penggunaan software geogebra terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika siswa, (2) adanya pengaruh positif yang signifikan diantara penggunaan software geogebra dengan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa, dan (3) adanya pengaruh positif bersignifikansi diantara kemampuan pemahaman konsep matematika dengan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Software Geogebra; Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika; Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika.
Subjects: Education
Mathematic Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Mathematic Education Study Program
Depositing User: Mukarramah Mukarramah
Date Deposited: 23 Sep 2022 08:07
Last Modified: 23 Sep 2022 08:07
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/6537

Actions (login required)

View Item View Item