Analisis Keterampilan Menulis Karangan Deskripsi dengan Media Gambar Seri Siswa Sekolah Dasar

Firdausa, Afrida Rahmanda (2022) Analisis Keterampilan Menulis Karangan Deskripsi dengan Media Gambar Seri Siswa Sekolah Dasar. DIDAKTIKA : Jurnal Pemikiran Pendidikan, 28 (2 (1)). pp. 42-48. ISSN 2621-8941

[img] Text
2018_TA_PGSD_180404065_HALAMAN PERSETUJUAN PUBLIKASI JURNAL.pdf

Download (328kB)
[img] Text (Artikel Publikasi)
4377
Restricted to Repository staff only until 27 October 2027.

Download (34kB)
Official URL: http://journal.umg.ac.id/index.php/didaktika/artic...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil dan kesulitan yang dihadapi siswa kelas III dalam keterampilan menulis karangan deskripsi menggunakan media gambar seri di UPT SD Negeri 119 Gresik. Metode analisis data menggunakan dekriptif kualitatif sedangkan teknik pengumpulan datanya melalui observasi, lembar tes keterampilan menulis karangan deskripsi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian, rata-rata nilai keterampilan menulis karangan deskripsi siswa yaitu 78,8 dengan kategori baik. Hal ini ditunjukkan dengan banyaknya 14 siswa yang sudah mampu mencapai nilai KKM yang telah ditentukan. Untuk kesulitan yang dihadapi siswa yaitu (a) siswa masih binggung dalam memulai menulis sebuah karangan (b) kesulitan merangkai kata menjadi sebuah kalimat yang saling berkaitan dan (c) masih ada siswa yang belum bisa membaca.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Keterampilan Menulis, Karangan Deskripsi, Gambar Seri
Subjects: Education
Primary and secondary education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Primary Teacher Education Study Program
Depositing User: Afrida Rahmanda Firdausa
Date Deposited: 27 Oct 2022 08:17
Last Modified: 27 Oct 2022 08:17
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/6694

Actions (login required)

View Item View Item