Pengembangan Media Puzzle Berbasis Make a Match Materi Menentukan Ide Pokok Paragraf Kelas 3

Rusanti, Fardiana (2022) Pengembangan Media Puzzle Berbasis Make a Match Materi Menentukan Ide Pokok Paragraf Kelas 3. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata, 3 (2). pp. 344-352. ISSN 2721-8996

[img]
Preview
Text
2018_TA_PGSD_180404079_HALAMAN PERSETUJUAN PUBLIKASI JURNAL.pdf

Download (305kB) | Preview
[img] Text (Artikel Publikasi)
778
Restricted to Repository staff only until 8 December 2027.

Download (31kB)
Official URL: https://e-journal.unmuhkupang.ac.id/index.php/jpdf...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media Puzzle Berbasis Make a Match Materi Menentukan Ide Pokok Paragraf Kelas 3 serta untuk mengetahui kualitas media Puzzle Berbasis Make a Match Materi Menentukan Ide Pokok Paragraf Kelas 3. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan dengan mengadopsi metode 4-D, tetapi penelitian hanya melakukan 3 tahapan, yakni: tahap pendefinisian (define), tahap perancangan (design), dan pengembangan (develop). Tahap develop, peneliti hanya melakukan validasi, revisi, dan uji coba, sehingga teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah validasi media dan materi pembelajaran, lembar respon peserta didik, serta hasil belajar peserta didik selama penggunaan media Puzzle Berbasis Make a Match. Subjek dalam penelitian ini adalah 2 validator ahli media yakni dosen PGSD Universitas Muhammadiyah Gresik, serta 2 validator ahli materi, yakni wakil kepala sekolah bidang kurikulum dan guru kelas di SDN II Sungegeneg. Hasil penelitian yang telah dilakukan menunjuk bahwa media Puzzle Berbasis Make a Match Materi Menentukan Ide Pokok Paragraf Kelas 3 memenuhi indikator kevalidan, yaitu a) hasil validasi dari validator ahli media memperoleh presentase sebesar 93,75% termasuk dalam kriteria sangat valid. b) hasil validasi ahli materi presentase sebesar 95,85% termasuk dalam kriteria sangat valid. c) respon dari peserta didik mendapat nilai rata-rata presentasi sebesar 92,4% termasuk dalam kriteria sangat baik. dan d) hasil belajar peserta didik mendapat nilai rata-rata presentase sebesar 91,65% termasuk dalam kriteria tuntas. Berdasarkan uraian tersebut, maka media pembelajaran dan materi yang termuat dalam media yang dikembangkan oleh peneliti dapat digunakan dalam proses pembelajaran.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: media pembelajaran, puzzle berbasis make a match, ide pokok
Subjects: Education
Primary and secondary education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Primary Teacher Education Study Program
Depositing User: Fardiana Rusanti
Date Deposited: 08 Dec 2022 07:45
Last Modified: 08 Dec 2022 07:45
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/6835

Actions (login required)

View Item View Item