USULAN STRATEGI PEMASARAN PADA PRODUK TAS RANSEL DI UKM UD. RISSLIN DENGAN METODE SWOT DAN QSPM

Syaifudin, Muhammad (2022) USULAN STRATEGI PEMASARAN PADA PRODUK TAS RANSEL DI UKM UD. RISSLIN DENGAN METODE SWOT DAN QSPM. JUSTI (Jurnal Sistem dan Teknik Industri), 2 (3). pp. 362-369. ISSN 2746-0835

[img]
Preview
Text
Publikasi jurnal.pdf

Download (436kB) | Preview
[img] Text (Artikel Publikasi)
3868
Restricted to Repository staff only until 21 December 2027.

Download (22kB)
Official URL: http://journal.umg.ac.id/index.php/justi/article/v...

Abstract

Berkembangnya bisnis dalam era globalisasi saat ini mengalami peningkatan yang pesat, hal ini dikarenakan dengan meningkatnya persaingan antar perusahaan yang semakin tinggi dan semakin ketat. Keadaan tersebut menyebabkan perusahaan harus mengembangkan berbagai strategi pemasaran untuk menarik minat konsumen dan berusaha untuk mempertahankan kelangsungan hidup, mengembangkan perusahaan, memperoleh laba optimal dan berusaha memperkuat posisi dalam menghadapi perusahaan pesaing. Penelitian ini menggunakan metode pengolahan data berupa Strengths, Weaknesses, Opportunities dan Threats (SWOT) dan Quantitative Strategic Planning Matrix (QSPM). SWOT digunakan untuk mengukur kondisi internal, berupa kekuatan dan kelemahan yang dibuat dalam matriks IFE dan kondisi eksternal berupa peluang dan ancaman yang dibuat dalam matriks EFE. Pada tahap pertama diberikan bobot, rating dan perhitungan nilai tertimbang dari matriks IFE dan EFE, tahap kedua melalui perumusan strategi pemasaran dengan matriks Internal Eksternal (IE) dan SWOT, dan tahap terakhir adalah tahap keputusan memilih alternatif strategi yang ada menggunakan metode QSPM yang merupakan suatu metode untuk menentukan strategi alternatif secara objektif berdasarkan faktor kunci kesuksesan internal dan eksternal yang telah diidentifikasi sebelumnya. Tujuan penelitian ini adalah menentukan prioritas strategi yang paling efektif untuk diterapkan dalam pengembangan bisnis tas ransel di UKM RISSLIN. Metode pada penelitian ini yaitu menggunakan metode SWOT dan QSPM, tahapan penelitian meliputi identifikasi faktor internal dan eksternal yang menunjukkan kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman yang dihadapi UKM RISSLIN. Tahap input dilaksanakan dengan membuat matriks IFE dan matriks EFE. Tahap pencocokan menggunakan matriks SWOT dan tahap keputusan menggunakan QSPM. Hasil penelitian menunjukkan alternatif strategi yang diperoleh yaitu mengganti bahan dengan bahan yang relatif lebih murah dengan kualitas yang hampir sama untuk bersaing dengan produk dari industri lain(S9)

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: IFE, EFE, SWOT, QSPM, Pemasaran
Subjects: Engineering > Industrial Engineering
Engineering
Divisions: Faculty of Engineering > Industrial Engineering Study Program
Depositing User: Muhammad Syaifudin
Date Deposited: 21 Dec 2022 02:00
Last Modified: 21 Dec 2022 02:00
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/6909

Actions (login required)

View Item View Item