Usulan Strategi Pemasaran Aneka Olahan Bandeng Menggunakan Metode SWOT pada UD Arshaindo

Zulianto, Farid (2022) Usulan Strategi Pemasaran Aneka Olahan Bandeng Menggunakan Metode SWOT pada UD Arshaindo. Serambi Engineering,, 7 (4). 3778 -3788. ISSN 2541-1934

[img] Text
IMG_20230103_131032_924.pdf

Download (85kB)
[img] Text (Artikel Publikasi)
Artikel SWOT.pdf

Download (319kB)
Official URL: https://ojs.serambimekkah.ac.id/jse/article/view/4...

Abstract

UD. Arshaindo adalah sebuah usaha rumahan yang menjalankan bisnis dibidang kuliner yaitu aneka olahan yang terbuat dari Ikan Bandeng (Otak – otak, Pepes, Presto, dan Asap) dan menjadikannya sebuah icon makanan dari kota gresik. Namun semakin populernya olahan tersebut dikalangan masyarakat menyebabkan tingkat persaingan semakin tinggi sehingga menyebabkan volume penjualan yang fluktuatif dan cenderung mengalami penurunan, juga semakin diperparah dengan munculnya covid – 19 yang melanda indonesia dua tahun terakhir. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis faktor – faktor internal dan eksternal yang ada untuk bisa menentukan strategi apa yang tepat digunakan dalam upaya untuk meningkatkan produktifitas penjualan menggunakan metode SWOT, agar mampu bertahan dan bersaing dengan usaha sejenis. Analisis metode SWOT berisikan sebuah langkah - langkah perancangan suatu strategi untuk menganalisis faktor kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman didalam usaha tersebut. Penelitihan ini menggunakan teknik penelitihan deskriptif dan kualitatif dengan tujuan agar bisa menggambarkan keadaan yang sesungguhnya dilapangan dengan memberikan sebuah kuisioner kepada 30 orang responden yang terdiri dari semua orang yang bersangkutan di UD Arshaindo, supplier dan konsumen. Hasil analisis SWOT yang sudah diperoleh untuk nilai IFAS sebesar 2,92, sedangkan untuk nilai dari EFAS sendiri sebesar 2,99. Dengan demikian matriks IE untuk UD Arshaindo terdapat Growth Strategy (strategi pertumbuhan) dan untuk hasil nilai diagram Matriks SWOT UD Arshaindo berada pada posisi kuadran I yang memliki nilai postif (1,98;0,65). Untuk hasil penentuan strategi menggunakan matriks SWOT, bahwasannya usaha olahan bandeng perlu adanya pengaplikasian strategi SO yang adapat digunakan perusahaan untuk bersaing dengan kompetitornya dengan tetap menjaga cita rasa yang berkualitas, yang mempunyai skor tertinggi 0,66, sebagai upaya untuk dapat membuat konsumen menjadi loyal agar perusahaan mampu mencapai kesuksesan dan keberhasilan yang berkelanjutan diperiode – perieode yang akan datang.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Aneka Olahan Bandeng, strategi pemasaran, analisis SWOT, Maktris IFAS & EFAS, Matriks IE
Subjects: Engineering > Industrial Engineering
Engineering
Divisions: Faculty of Engineering > Industrial Engineering Study Program
Depositing User: Farid Zulianto
Date Deposited: 13 Mar 2023 09:07
Last Modified: 13 Mar 2023 09:07
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/7042

Actions (login required)

View Item View Item