Alamsyah, Ahmad Tirto Analisis Kepuasan Konsumen Terhadap Kualitas Pelayanan Distributor Pupuk Dengan Metode Service Quality dan Improvement Gap Analysis. SITEKIN, 20 (1). pp. 80-89. ISSN 2721-2041
|
Text
Halaman Persetujuan Publikasi.pdf Download (272kB) | Preview |
|
Text (Artikel Publikasi)
19575 Download (34kB) |
Abstract
Salah satu cara yang efektif untuk lebih unggul dari perusahaan pesaing dalam bidang pelayanan khususnya kepuasan pelanggan dapat dilakukan dengan analisis kualitas pelayanan . Pelanggan yang merasa puas dapat meningkatkan loyalitas dan kepercayaan pada suatu perusahaan, sehingga terus melakukan transaksi dengan terkait terkait. Studi ini menggunakan metode Serv ice qual ity untuk mengukur atau mengukur kesenjangan antara harapan pelanggan dan kepuasan yang dirasakan. Penelitian ini juga menggunakan metode Improvement Gap Analysis (IGA) guna menentukan kategori prioritas perbaikan dari setiap atribut serta mengetahui jenis atribut yang harus ditingkatkan sesuai keinginan pelanggan. Melalui analisisService ice qual ity dapat menentukan nilai nilai atau gap antara harapan dan kepuasan pelanggan dari setiap atribut. Melalui analisis IGA, diketahui distributor puput PT. XYZ memiliki sembilan pelayanan yang termasuk dalam kategori pelayanan yang penting untuk perbaikan yaitu ruang tunggu sopir yang layak, pelayanan petugas pengiriman, kesiapan penjual dalam membimbing atau kategori pemel, pengetahuan setelah dan petugas petugas , layanan bagi pembeli, kualitas produk ditempat tujuan, kemudahan proses pembayaran, volume pupuk tepat sampai ditempat tujuan, kecepatan waktu dalam pengiriman.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kualitas Pelayanan, Improvement Gap Analysis, Kepuasan Pelanggan |
Subjects: | Engineering > Industrial Engineering Engineering |
Divisions: | Faculty of Engineering > Industrial Engineering Study Program |
Depositing User: | Ahmad Tirto Alamsyah |
Date Deposited: | 02 Mar 2023 07:14 |
Last Modified: | 02 Mar 2023 07:14 |
URI: | http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/7095 |
Actions (login required)
View Item |