KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DALAM PEMBELAJARAN BERORIENTASI AKTIVITAS SISWA (PBAS) PADA MATERI LINGKARAN KELAS VIII DI SMP NU 2 GRESIK

RAHMAWATI, ESTI (2018) KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DALAM PEMBELAJARAN BERORIENTASI AKTIVITAS SISWA (PBAS) PADA MATERI LINGKARAN KELAS VIII DI SMP NU 2 GRESIK. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (158kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (304kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (257kB) | Preview
[img] Text
BAB IV .pdf
Restricted to Registered users only

Download (536kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (52kB) | Preview

Abstract

Kemampuan berpikir kreatif siswa dapat dinilai dengan beberapa kriteria. Kriteria tersebut adalah kefasihan (fluency), fleksibilitas (flexsibility), dan kebaruan (novelty) menurut Siswono (2008:20). Namun banyak siswa yang kurang mengembang kemampuan yang dimilikinya salah satunya adalah kemampuan berpikir kreatif dalam menyelesaian masalah yang berkaitan dengan materi lingkaran. Faktor penyebab rendahnya kemampuan berpikir kreatif siswa yaitu terletak pada pembelajaran yang belum tepat. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kreatif siswa melalui Pembelajaran Berorientasi Aktivitas Siswa (PBAS) pada materi lingkaran di kelas VIII SMP NU 2 Gresik. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan di kelas VIII SMP NU 2 Gresik sebanyak 22 siswa tahun pelajaran 2017/2018. Metode yang digunakan adalah metode tes. Metode tes digunakan untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kreatif siswa pada materi keliling dan luas lingkaran melalui Pembelajaran Berorientasi Aktivitas Siswa (PBAS). Berdasarkan hasil tes analisis data, maka diperoleh kesimpulan bahwa kemampuan berpikir kreatif dalam Pembelajaran Berorientasi Aktivitas Siswa (PBAS) adalah sebagai berikut, (a) Untuk siswa yang memiliki kemampuan berpikir kreatif dengan kategori baik berjumlah 5 dengan persentase (22.72 %), (b) Untuk siswa yang memiliki kemampuan berpikir kreatif dengan kategori cukup berjumlah 11 dengan persentase (50.00 %), (c) Untuk siswa yang memiliki kemampuan berpikir kreatif dengan kategori kurang berjumlah 3 dengan persentase (13.63 %), (d) Untuk siswa yang memiliki kemampuan berpikir kreatif dengan kategori sangat kurang berjumlah 3 dengan prosentase (13.63 %). Rata-rata kemampuan berpikir kreatif siswa SMP NU 2 Gresik kelas VIII sebesar 48.67 % dengan kategori cukup.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Subjects: Mathematic Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Mathematic Education Study Program
Depositing User: Shandy Rahma Ramadhan, S.IIP
Date Deposited: 15 Nov 2018 00:42
Last Modified: 08 Mar 2019 01:43
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/717

Actions (login required)

View Item View Item