EFEKTIVITAS DAUN KAYU MANIS (Cinnamomum burmanii) SEBAGAI ANTIBAKTERIA DENGAN UJI IN VITRO DAN IN VIVO UNTUK PENCEGAHAN INFEKSI Streptococcus agalactiae PADA IKAN NILA (Oreochromis niloticus)

WULANDARI, EKA YUNITA (2018) EFEKTIVITAS DAUN KAYU MANIS (Cinnamomum burmanii) SEBAGAI ANTIBAKTERIA DENGAN UJI IN VITRO DAN IN VIVO UNTUK PENCEGAHAN INFEKSI Streptococcus agalactiae PADA IKAN NILA (Oreochromis niloticus). undergraduate thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH GRESIK.

[img] Text
BAB 1.pdf

Download (212kB)
[img] Text
BAB 2.pdf

Download (201kB)
[img] Text
BAB 3.pdf

Download (262kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (200kB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (29kB)

Abstract

Streptococcus agalactiae merupakan pategen penyebab penyakit streptococcosis yang menyerang komoditas ikan air tawar salah satunya yaitu ikan nila (Oreochromis niloticus). Upaya yang dilakukan untuk mengendalikan penyakit ini menggunakan antibiotik. Penggunaan antibiotik dalam waktu lama berdampak buruk pada lingkungan perairan, resistensi bakteri dan adanya residu pada ikan konsumsi. Alternatif lain yaitu menggunakan bahan fitofarmaka yang bersifat alami dan ramah lingkungan. Salah satu bahan fitofarmaka yaitu tanaman kayu manis (Cinnamomum burmani) yang mengandung bahan aktif seperti Saponin, Alkanoid, Tanin, Flavanoid, Sinamaldehid. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas dan konsentrasi terbaik daun kayu manis (Cinnamomum burmanii) untuk mencegah infeksi Streptococcus agalactiae pada ikan nila (Oreochromis niliticus).Penelitian ini dilakukan di dua tempat yakni pada uji in vitro di laboratorium KaVe Deleganpanceng dan uji in vivo di laboratorium Prodi Budidaya Perikanan, Fakultas pertanian, Universitas Muhammadiyah Gresik. Pada bulan Agustus sampai bulan Desember 2017. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan rancangan acak kelompok (RAK) dengan 3 perlakuan dan 3 kali ulangan dengan perlakuan A (konsentrasi 0,25%), B (konsentrasi 0,5%), C (konsentrasi 1 %), K- dan K+ (kontrol). Hasil uji in vitro menunjukan pada perlakuan B (konsentrasi 0,5%) dapat menghambat pertumbuhan bakteri S. agalactiae dengan ditandai tidak tumbuhnya bakteri pada media TSA (Trypticase soyaagar), Sedang pada uji in vivo kelangsungan hidup tidak memberikan pengaruh yang berbeda pada semua perlakuan.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Subjects: Agrotechnology
Agrotechnology > aquaculture
Divisions: Faculty of Agriculture > Aquaculture Study Program
Depositing User: cheny - rahma
Date Deposited: 16 Nov 2018 10:06
Last Modified: 06 Mar 2019 06:34
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/719

Actions (login required)

View Item View Item