Pengaruh Perceived Ease Of Use, Perceived Security, Perceived Risk dan Trust Terhadap Minat Penggunaan Aplikasi Pospay

Andini, Vania Aurel Pengaruh Perceived Ease Of Use, Perceived Security, Perceived Risk dan Trust Terhadap Minat Penggunaan Aplikasi Pospay. SEIKO : Journal of Management & Business, 6 (1). pp. 48-61. ISSN 2598-8301

[img] Text
HALAMAN PERSETUJUAN PUBLIKASI JURNAL_VANIA AUREL ANDINI_190301182.pdf

Download (426kB)
[img] Text (Artikel Publikasi)
JURNAL_VANIA AUREL ANDINI_190301182.pdf

Download (358kB)
Official URL: https://www.journal.stieamkop.ac.id/index.php/seik...

Abstract

Perusahaan BUMN di Indonesia yaitu PT Pos Indonesia mengembangkan produk inovatif berupa terobosan baru layanan keuangan digital bernama Pospay. Namun dalam penggunaannya ada beberapa faktor yang menjadi pertimbangan pengguna sebelum memakai Pospay yakni perceived ease of use, perceived security, perceived risk dan trust. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi apakah persepsi kemudahan, persepsi keamanan, persepsi risiko dan kepercayaan mempunyai pengaruh pada minat menggunakan Pospay dan seberapa besar pengaruh yang diberikan. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dimana peneliti menggunakan 41.596 pengguna aplikasi Pospay di Kota Surabaya sebagai populasi dan mengambil 400 responden sebagai sampel dengan perhitungan rumus slovin. Peneliti memilih metode purposive sampling dengan kriteria usia produktif yaitu 17 tahun keatas, pernah menggunakan aplikasi Pospay dan berada pada Kantor Pos Pusat Surabaya Kebonrojo saat penelitian berlangsung. Data penelitian kemudian dianalisis menggunakan SPSS versi 25.0 dengan teknik analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh pada masing-masing variabel dan juga secara simultan yakni pada variabel perceived ease of use, perceived security, perceived risk dan trust terhadap minat penggunaan aplikasi Pospay. Kesimpulan tersebut disebabkan karena hasil uji parsial dan simultan yang signifikan pada data penelitian. Namun, pada variabel perceived risk, peneliti menemukan adanya pengaruh positif bukan negatif seperti pada H3 penelitian. Selain itu, pengaruh yang diberikan perceived ease of use, perceived security, perceived risk dan trust terhadap minat penggunaan aplikasi Pospay pada responden penelitian ini sebesar 41.5% sedangkan sisanya sebesar disebabkan oleh berbagai faktor diluar penelitian.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Intention to use; Perceived Ease Of Use; Perceived Risk; Perceived Security; Trust
Subjects: Economic And Business
Economic And Business > Management
Divisions: Faculty of Economic and Business > Management Study Program
Depositing User: Vania Aurel Andini
Date Deposited: 14 Mar 2023 12:29
Last Modified: 14 Mar 2023 12:29
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/7271

Actions (login required)

View Item View Item