Siska, Alifiyah PENGARUH PERMAINAN HARTA KARUN TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS 1 SD. JGK (Jurnal Guru Kita), 7 (1). pp. 95-105. ISSN 2549-1288
|
Text
HALAMAN PERSETUJUAN PUBLIKASI ARTIKEL_SISKA ALIFIYAH.pdf Download (229kB) | Preview |
|
Text (Artikel Publikasi)
40197 Download (25kB) |
Abstract
Pengaruh Permainan Harta Karun Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran Tematik Kelas 1 SD. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar permainan harta karun dapat mempengaruhi hasil belajar bagi peserta didik dalam pembelajaran tematik di kelas 1 SD Muhammadiyah 2 GKB. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif metode Quasi Eksperimen berpola Non-Equivalent Control Group. Peserta didik kelas 1A sebagai kelas kontrol dan kelas 1C sebagai kelas eksperimen dijadikan sebagai subjek penelitian. Teknik observasi, tes dan dokumentasi dengan instrumen lembar observasi dan soal pretest-posttest dilakukan untuk memperoleh data penelitian. Karena data hasil penelitian tidak didistribusikan secara normal maka dilakukan analisis non-parametrik uji Mann-Whitney. Penelitian ini memberikan hasil bahwa adanya pengaruh permainan harta karun yang signifikan terhadap hasil belajar peserta didik. Terbukti dari hasil uji Mann-Whitney atau uji U sebesar -2,389 < 0,05 maka H1 diterima, selain itu rerata hasil posttest kelas kontrol yang lebih rendah dari hasil posttest kelas eksperimen yakni 86,64 < 95,12. Dapat disimpulkan bahwa penggunaan permainan harta karun memiliki pengaruh yang signifikan pada hasil belajar peserta didik kelas I SD.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Permainan Harta Karun, Hasil Belajar Peserta Didik, Pembelajaran Tematik Kelas 1 SD. |
Subjects: | Education Primary and secondary education |
Divisions: | Faculty of Teacher Training and Education > Primary Teacher Education Study Program |
Depositing User: | Siska Alifiyah |
Date Deposited: | 06 Mar 2023 03:44 |
Last Modified: | 06 Mar 2023 03:44 |
URI: | http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/7422 |
Actions (login required)
View Item |