Yuniarti, Dwi Ajeng PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA PERKALIAN KELAS III MI ROUDLOTUL ULUM YOSOWILANGUN. Jurnal Magistra: Media Pengembangan Ilmu Pendidikan dan Keislaman, 13 (2). pp. 159-175. ISSN 2615-2282
|
Text
Persetujuan Publikasi Jurnal_Dwi Ajeng Yuniarti.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text (Artikel Publikasi)
Publish Jurnal Dwi Ajeng Yuniarti.pdf Download (886kB) | Preview |
Abstract
Soal-soal latihan buku siswa pada materi perkalian masih kekurangan latihan soal yang berhubungan dengan kemampuan siswa untuk memecahkan masalah, sehingga sulit untuk menilai kemampuan pemecahan masalah siswa pada materi perkalian. Tujuan dari penelitian ini adalah membuat tes untuk soal-soal uraian tentang keterampilan pemecahan masalah. Model ADDIE 5 tahap digunakan dalam pengembangan. Instrumen yang digunakan lembar validasi, lembar respon siswa dan tes kemampuan siswa. Teknik pengumpulan data didapatkan dari anaisis kevalidan, analisis kepraktisan desain dan analisis keefektifan. Hasil validasi dari 2 validator yaitu ahli materi dan guru mata pelajaran yaitu 86,1% dari ahli materi, 90,7% dari guru mata pelajaran. Respon siswa memperoleh 87,96% yang artinya sangat baik dan tes kemampuan pemecahan masalah siswa dalam mengerjakan soal materi perkalian yang dikembangkan mendapatkan rata-rata 83% dengan ketuntasan belajar 80%. Oleh karena itu, latihan soal tes kemampuan pemecahan masalah efektif dalam pembelajaran pada materi perkalian mata pelajaran matematika.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | assessment instrument development; mathematics; multiplication. |
Subjects: | Education Primary and secondary education |
Divisions: | Faculty of Teacher Training and Education > Primary Teacher Education Study Program |
Depositing User: | Dwi Ajeng Yuniarti |
Date Deposited: | 28 Feb 2023 02:38 |
Last Modified: | 28 Feb 2023 02:38 |
URI: | http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/7428 |
Actions (login required)
View Item |