MEDIA KOMIK BAHASA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MEMBACA NYARING PESERTA DIDIK KELAS II SD NEGERI BETITING

YUNIATI, LILIS EKA (2018) MEDIA KOMIK BAHASA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MEMBACA NYARING PESERTA DIDIK KELAS II SD NEGERI BETITING. undergraduate thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH GRESIK.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (166kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (185kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (210kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (215kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (84kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatan hasil belajar membaca peserta didik kelas II SD Negeri Betiting menggunakan media pembelajaran dalam format komik. Media komik dapat dimanfaatkan dalam pembelajaran membaca nyaring Peserta didik kelas II SD Negeri Betiting. Media komik ini bertujuan untuk memberikan solusi dan mengatasi permasalahan pembelajaran bidang studi bahasa Indonesia khususnya pembelajaran membaca nyaring. Aspek membaca dalam pembelajaran Bahasa Indonesia saat ini harus mendapat perhatian lebih dari guru, karena minat peserta didik terhadap membaca kian hari kian berkurang dan hasil belajar yang menurun. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan dengan satu siklus dua kali pertemuan. Subjek penelitian yaitu peserta didik kelas II SD Negeri Betiting. Data yang dikumpulkan berupa Observasi untuk mendapatkan informasi mengenai peserta didik dan tes hasil belajar untuk mengetahui tingkat keberhasilan peserta didik. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis data deskriptif. Indikator keberhasilan peserta didik yang harus dicapai memenuhi tingkat penguasaan minimal 70% dengan kategori cukup. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media komik dapat meningkatkan kemampuan membaca nyaring pada peserta didik kelas II SD Negeri Betiting. Hal ini dibuktikan dengan hasil tes membaca nyaring peserta didik yang memperoleh nilai diatas KKM sebanyak 27 peserta didik, sedangkan 3 peserta didik mendapatkan nilai di bawah KKM. Dan dibuktikan juga dengan presentase nilai ketuntasan peserta didik secara klasikal pada siklus I sebesar 90% peserta didik tuntas dari total peserta didik dalam satu kelas. Dari hasil tersebut dapat diketahui bahwa membaca nyaring merupakan kegiatan yang menyenangkan dan dapat meningkatkan hasil belajar bagi peserta didik apabila dilakukan dengan cara yang kreatif yaitu dengan cara mengunakan media komik.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Subjects: Early Childhood Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Primary Teacher Education Study Program
Depositing User: Shandy Rahma Ramadhan, S.IIP
Date Deposited: 19 Nov 2018 09:43
Last Modified: 08 Mar 2019 01:22
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/747

Actions (login required)

View Item View Item