Pengaruh Perputaran Piutang, Perputaran Kas, dan Perputaran Persediaan Terhadap Profitabilitas pada Sektor Rokok di Bursa Efek Indonesia Periode 2011-2019

Nur Rahmah Yunda Wulandari, Anita Handayani

Abstract


Perusahaan rokok dipilih karena industri tersebut memiliki karakteristik bisnis tertentu yang membedakannya dari industri lain, dimana eksistensi industri rokok di Indonesia merupakan sesuatu yang dilematis. Pada sisi lain, industri ini dibenci karena produknya, di sisi lain, industri ini dicintai karena kontribusi pajak dan cukainya terhadap pendapatan negara. Tujuan penelitian adalah menganalisis dampak perputaran piutang, perputaran kas, serta perputaran persediaan terhadap Profitabilitas Perusahaan Sektor Rokok di BEI periode 2011-2019. Pendekatan kuantitatif digunakan dalam penelitian ini dengan menggunakan data sekunder yang diperoleh dari laporan keuangan perusahaan rokok yang tercatat di BEI periode 2011-2019. Penelitian menyimpulkan bahwa perputaran piutang dan perputaran persediaan berpengaruh positif signifikan terhadap profitabilitas, sedangkan perputaran kas berpengaruh negatif signifikan terhadap profitabilitas. Penelitian ini mampu memberikan informasi bagi perusahaan untuk menaikkan profitabilitasnya dan dapat dijadikan masukan bagi perusahaan untuk dipertimbangkan dalam memilih kebijakan yang akan ditempuh. Keterbatasan penelitian ini adalah kurangnya referensi atau penelitian terdahulu dan terbatasnya periode penelitian hanya 2011-2019.


Keywords


Perputaran Piutang; Perputaran Kas; Perputaran Persediaan dan Profitabilitas

References


Bambang, Riyanto. 2001. Dasar-dasar Pembelanjaan Perusahaan. BPFE, Yogyakarta.

Handayani, Anita. 2017. Pengaruh Debt To Equity Ratio Terhadap Dividend Payout Ratio Melalui Return On Asset. Jurnal Manajerial, Vol. 6, No. 2.

Kasmir. 2014, Analisis Laporan Keuangan, Rajawali Pers, Jakarta.

Lazaridis and Tryfonidis. 2006. “The relationship between working capital management and profitability of listed companies in the Athens Stock Exchange”. Journal of Business Finance & Accounting, Vol. 19, No. 1, pp. 1 – 12.

Mahmud. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia.

Menuh. 2008. Pengaruh Efektivitas dan Efisiensi Penggunaan Modal Kerja Terhadap Tentabilitas Ekonomis Pada Koperasi Pegawai Negeri “ Kamadhuk” RSUP Sanglah Denpasar. STIMI Denpasar.

Munawir. 2004. Analisis Laporan Keuangan, Edisi Keempat, Penerbit Liberty, Yogyakarta.

Munawir. 2008. Analisis Laporan Keuangan, Edisi Keempat, Cetakan Ketiga belas, Penerbit Liberty, Yogyakarta.

Santoso, Slamet. 2013. Stasistika Ekonomi plus Aplikasi SPSS, Ponorogo: Umpo Press.

Sutrisno. 2012. Manajemen Keuangan Teori, Konsep dan Aplikasi. Yogyakarta: EKONISIA.




DOI: 10.30595/jmbt.v2i2.15467

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

ISSN: 2798-3994