KURNIAWATI, DIAN (2018) KETELADANAN GURU DALAM NOVEL LASKAR PELANGI KARYA ANDREA HIRATA (Kajian tentang Relevansi Keteladanan Guru dalam Novel Laskar Pelangi dengan Akhlaq dalam Islam). undergraduate thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH GRESIK.
|
Text
ABSTRAKSI.pdf Download (9kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (327kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 2 TINJAUAN PUSTAKA.pdf Download (690kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 3 METODE PENELITIAN.pdf Download (244kB) | Preview |
|
Text
BAB 4 HASIL PENELITIAN DAN INTERPRETASI.pdf Restricted to Registered users only Download (832kB) |
||
|
Text
BAB 5 SIMPULAN DAN REKOMENDASI.pdf Download (117kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai keteladanan guru dalam novel Laskar Pelangi serta untuk mengetahui tentang relevansi keteladanan guru dalam novel Laskar Pelangi dengan akhlaq dalam Islam. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kepustakaan (library research). Jenis dan sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer berupa novel Laskar Pelangi dan data sekunder berupa referensi-referensi lain yang mendukung data primer. Teknik pengambilan data berupa dokumentasi serta teknik analisis data menggunakan hermeunitik dan analisis isi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai-nilai keteladanan dalam novel Laskar Pelangi yaitu, ikhlas, memberi nasehat/motivasi, sabar, mau berbagi ilmu, adil, menghargai, jujur, memberi pujian, berkata-kata yang baik, tanggung jawab, bercanda bersama anak didiknya, tegas, konsisten, baik hati, murah senyum, peduli,serta berprasangka yang baik (husnudzan). Adapun relavansi nilai-nilai keteladanan guru dengan akhlaq dalam Islam adalah relevan.
Item Type: | Thesis (undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Islamic Education |
Divisions: | Faculty of Islamic Relegion > Islamic Education Study Program |
Depositing User: | Shandy Rahma Ramadhan, S.IIP |
Date Deposited: | 21 Nov 2018 04:53 |
Last Modified: | 06 Mar 2019 06:32 |
URI: | http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/756 |
Actions (login required)
View Item |