Pengembangan Media Pohon Interaksi untuk Kelas V Sekolah Dasar

Pradani, Eka Alvionita Bella Pengembangan Media Pohon Interaksi untuk Kelas V Sekolah Dasar. JURNAL JENDELA PENDIDIKAN, 2 (3). pp. 465-471. ISSN 2775-6181

[img] Text
170404056 _ Eka Alvionita Bella Pradani _ Halaman Persetujuan Publikasi Jurnal.pdf

Download (197kB)
[img] Text (Artikel Publikasi)
170404056 _ Eka Alvionita Bella Pradani _ Jurnal.pdf

Download (565kB)
Official URL: https://ejournal.jendelaedukasi.id/index.php/JJP/a...

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengembangkan media pembelajaran pohon interaksi untuk materi interaksi sosial kelas V sekolah dasar di UPT Negeri 39 Gresik. Proses pengembangan ini menggunakan model 4D Thiagarajan yang terdiri dari 4 tahap yaitu, tahap pendefinisian (define), tahap perancangan (design), tahap pengembangan (develop), tahap penyebarluasan (disseminate). Namun pada penelitian ini peneliti memodifikasi hingga tahap pengembangan (develop), dikarenakan keterbatasan waktu, biaya, dan adanya pandemic Covid-19. Subjek pada penelitian ini adalah validator ahli media yaitu Bapak M. Fadloli Aziz, S.Si., M.Pd dan Bapak Syaiful Huda, S.Pd., M.Si serta validator ahli materi yaitu Bapak Drs. Sumarjono Kepala SekoIah UPT Negeri 39 Gresik dan Ibu Sulis Poniwati, S.Pd Guru wali kelas V UPT Negeri 39 Gresik dan peserta didik kelas V UPT Negeri 39 Gresik. Teknik pengumpulan data dan instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar validasi ahli media, lembar validasi ahli materi, dan lembar angket peserta didik. Berdasarkan hasil analisis data validator dari ahli media dan ahli materi yang dilakukan, menunjukkan bahwa pengembangan media pembelajaran pohon interaksi untuk materi interaksi sosial ini memenuhi kevalidan yang telah ditentukan. Hasil dari validator ahli media dan ahli materi memperoleh skor yaitu 91 dengan dikategorikan valid, lalu untuk lembar angket peserta didik mendapatkan skor yaitu 88,33 yang artinya efektif dengan dikategorikan sangat setuju. Maka dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran pohon interaksi ini dapat disajikan dalam proses pembelajaran.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Model 4D, Media pembelajaran pohon interaksi
Subjects: Education
Primary and secondary education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Primary Teacher Education Study Program
Depositing User: Eka Alvionita Bella Pradani
Date Deposited: 14 Apr 2023 07:54
Last Modified: 14 Apr 2023 07:54
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/7616

Actions (login required)

View Item View Item