Self-Esteem Pada Remaja Akhir Yang Menggemari Selebgram

Authors

  • Zamrotul Madiniatus Sholich Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Prianggi Amelasasih Universitas Muhammadiyah Gresik

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.4275

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kondisi self-esteem pada remaja akhir yang menggemari selebgram. Tipe penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan menggunakan studi fenomenologi. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik purposive sampling dengan subjek berjumlah dua subjek yang memiliki karakteristik, yaitu: remaja akhir perempuan berusia 18-21 tahun, aktif di media sosial Instagram selama 3 tahun terakhir, menggemari selebgram dan mengikuti akun selebgram tersebut di akun media sosial Instagram-nya minimal tiga konten. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara semi terstruktur dan observasi partisipasif. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu: reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Kredibilitas data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji kredibilitas data dengan jenis pengujian triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya perbedaan kondisi self-esteem antara kedua subjek. Subjek LU (19 tahun) memiliki self-esteem yang rendah, sedangkan subjek RM (21 tahun) memiliki self-esteem yang tinggi.

Downloads

Published

2022-05-17

How to Cite

Sholich, Z. M. ., & Amelasasih, P. . (2022). Self-Esteem Pada Remaja Akhir Yang Menggemari Selebgram. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(3), 130–136. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.4275

Most read articles by the same author(s)