Hubungan Motivasi Belajar dengan Tingkat Kepercayaan Diri dalam Mengerjakan Skripsi pada Mahasiswa
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5608Abstract
Kepercayaan diri merupakan suatu keyakinan yang dimiliki seseorang bahwa dirinya mampu berperilaku seperti yang dibutuhkan untuk memperoleh hasil seperti yang diharapkan. Salah satu faktor yang berhubungan dengan kepercayaan diri adalah motivasi yang merupakan kehendak seseorang guna melakukan suatu tindakan untuk mencapai tujuan tertentu. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan motivasi belajar dengan tingkat kepercayaan diri dalam mengerjakan skripsi. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif korelasional. Jumlah populasi dalam penelitian ini adalah 86 mahasiswa. Pemilihan subjek dalam penelitian ini menggunakan teknik sampling jenuh dan mendapatkan 61 mahasiswa. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan respon jawaban mengacu skala likert. Analisis data pada penelitian ini dengan korelasi Product Moment dibantu program SPSS versi 26. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat hubungan positif yang signifikan antara motivasi belajar dengan kepercayaan diri pada mahasiswa, dengan nilai pearson correlation sebesar sig <0.05. Dapat disimpulkan bahwa semakin tinggi motivasi belajar maka semakin tinggi kepercayaan diri untuk mengerjakan skripsi.Downloads
Published
2022-07-22
How to Cite
Fartisia, O. N. P., & Lalily, N. . (2022). Hubungan Motivasi Belajar dengan Tingkat Kepercayaan Diri dalam Mengerjakan Skripsi pada Mahasiswa . Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 1775–1782. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5608
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Okta Narita Putri Fartisia, Nadhirotul Laily
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).