ANALISIS PENERAPAN PROFIL PELAJAR PANCASILA DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER PESERTA DIDIK DI SEKOLAH DASAR

Lubaba, Meilin Nuril ANALISIS PENERAPAN PROFIL PELAJAR PANCASILA DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER PESERTA DIDIK DI SEKOLAH DASAR. Edusaintek: Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi, 9 (3). pp. 687-706. ISSN 2655-3392

[img] Text
Halaman Persetujuan Publikasi Jurnal Meilin.pdf

Download (109kB)
[img] Text (Artikel Publikasi)
576-Article Text-3155-1-10-20220826.pdf

Download (640kB)
Official URL: https://journalstkippgrisitubondo.ac.id/index.php/...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi yang dilakukan oleh Guru dalam mengimplementasikan profil pelajar pancasila guna membentuk karakter peserta didik. Penelitian ini dilaksanakan di UPT SD Negeri 47 Gresik. Jenis penelitian yang di gunakan adalah deskriptif kualitatif yaitu mendeskripsikan implementasi profil pelajar pancasila dan stretegi yang digunakan guru dalam mewujudkannya. Subjek yang diteliti adalah peserta didik kelas 4 yang terdiri dari 30 siswa. Teknik pengumpulan data yang di gunakan adalah Observasi, Wawancara dan Dokumentasi. Dari hasil observasi peneliti menemukan strategi yang dilakukan oleh guru dalam menerapkan Profil Pelajar Pancasila, antara lain; pembelajaran berdiferensiasi, pembelajaran dengan projek dan pembiasaan. Dari hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti Guru sudah menjalankan strategi dengan baik. Hal ini dibuktikan dengan adanya data nilai mata pelajaran dan dokumentasi kegiatan peserta didik. Dalam keberhasilan penerapan strategi ini guru harus kreatif dalam merancang pembelajaran. Selain peran guru keluarga dan lingkungan sosial juga ikut berperan dalam pembentukan karakter peserta didik.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Pancasila student profile, Character
Subjects: Education
Primary and secondary education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Primary Teacher Education Study Program
Depositing User: Meilin Nuril Lubaba
Date Deposited: 05 May 2023 12:57
Last Modified: 05 May 2023 12:57
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/7703

Actions (login required)

View Item View Item