PERBANDINGAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN SELF DIRECTED LEARNING DENGAN MODEL DIRECT INSTRUCTION PADA MATERI OPERASI HITUNG BENTUK ALJABAR KELAS VIII SMP NEGERI 1 KEBOMAS

PUJIASTUTIK, NITA (2018) PERBANDINGAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN SELF DIRECTED LEARNING DENGAN MODEL DIRECT INSTRUCTION PADA MATERI OPERASI HITUNG BENTUK ALJABAR KELAS VIII SMP NEGERI 1 KEBOMAS. undergraduate thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH GRESIK.

[img] Text
Abstak.pdf

Download (88kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (106kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (517kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (241kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (319kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (7kB)

Abstract

Pada umumnya, proses pembelajaran matematika masih berpusat pada guru. Guru sangat mendominasi proses belajar mengajar. Guru hanya menggunakan cara pengajaran dengan menjelaskan materi pelajaran dan memberikan tugas tanpa melakukan pengembangan variasi mengajar. Hal ini menyebabkan peserta didik kurang mandiri dan kurang aktif dalam belajarnya. Oleh karena itu dalam penelitian ini menggunakan dua model pembelajaran yang dapat membantu keaktifan peserta didik dalam belajarnya yaitu model Self Directed Learning dan Direct Instruction. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar peserta didik yang diajarkan dengan model pembelajaran Self Directed Learning lebih baik daripada hasil belajar peserta didik yang diajarkan dengan model Direct Instruction pada materi operasi hitung aljabar kelas VIII SMP Negeri 1 Kebomas. Jenis penelitian ini adalah penelitian komparatif dengan populasi kelas VIII SMP Negeri 1 Kebomas Gresik Tahun Ajaran 2015-2016 yang berjumlah 294 peserta didik. Sedangkan sampel dari penelitian sebanyak 68 peserta didik (dua kelas) yang dipilih dengan teknik simple random sampling. Metode penelitian yang digunakan adalah metode dokumentasi dan tes. Instrumen penelitian yang digunakan adalah soal tes hasil belajar peserta didik yang sebelumnya diuji validitas dan reliabilitasnya. Hasil dari analisis data diperoleh bahwa nilai sig 0,094 lebih besar dari pada taraf signifikan = 0,05 sehingga berada pada daerah penerimaan H0, artinya hasil belajar peserta didik yang menggunakan model pembelajaran Self Directed Learning tidak lebih baik atau sama dengan hasil belajar peserta didik yang menggunakan model Direct Instruction pada pokok bahasan operasi aljabar kelas VIII SMP Negeri 1 Kebomas.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Subjects: Mathematic Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Mathematic Education Study Program
Depositing User: Shandy Rahma Ramadhan, S.IIP
Date Deposited: 22 Nov 2018 01:57
Last Modified: 08 Mar 2019 01:41
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/780

Actions (login required)

View Item View Item