Rizki, Ari Suci Cahyaning (2022) PROBLEMATIKA MEMBACA MENULIS DAN BERHITUNG (CALISTUNG) PADA PESERTA DIDIK KELAS RENDAH SEKOLAH DASAR. MAGISTRA: Media Pengembangan Ilmu Pendidikan Dasar dan Keislaman, 13 (2). pp. 110-128. ISSN 2615-2282
|
Text
halaman persetujuan .pdf Download (134kB) | Preview |
|
|
Text (Artikel Publikasi)
7449-17895-1-PB (1).pdf Download (409kB) | Preview |
Abstract
Penelitian dilakukan bertujuan menemukan faktor faktor dan upaya problematis calistung pada peserta didik kelas rendah UPT SD Negeri 104 Gresik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data observasi dan wawancara. Hasil penelitian 43% peserta didik kelas I dan II memiliki kemampaun calistung rendah dan 14% peserta didik kelas III memiliki kemampuan calistung rendah. Problematis calistung pada peserta didik kelas rendah UPT SD Negeri 104 Gresik dipengaruhi pleh faktor internal yaitu kemampuan intelektual peserta didik yakni disleksia, disgrafia, dan diskalkulia, faktor eksternal yaitu orang tua, guru, lingkungan sosial, dan sarana prasarana. Peran orang tua, guru, dan lingkungan sangat penting bagi perkembangan peserta didik. Sarana prasarana juga menjadi hal terpenting dalam meningkatkan motivasi peserta didik dalam belajar. Perhatian dan pendampingan khusus harus dilakukan untuk meningkatkan kemampuan anak dalam belajar calistung. Guru dan orangtua harus dapat berinovasi menciptakan media belajar yang kreatif agar disenangi anak. Kegiatan pembelajaran tetap memperhatikan psikologis anak agar mereka tidak merasa tertekan.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Problematis, calistung, membaca, menulis, berhitung |
Subjects: | Education Primary and secondary education |
Divisions: | Faculty of Teacher Training and Education > Primary Teacher Education Study Program |
Depositing User: | Ari Suci Cahyaning Rizki |
Date Deposited: | 12 May 2023 02:45 |
Last Modified: | 12 May 2023 02:45 |
URI: | http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/7824 |
Actions (login required)
View Item |