Pengaruh Game Online Terhadap Minat Baca Siswa Sekolah Dasar

Isnani, Fania Pengaruh Game Online Terhadap Minat Baca Siswa Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 5 (1). pp. 682-690. ISSN 2656-8071

[img] Text
HALAMAN_PERSETUJUAN_PUBLIKASI_JURNAL_FANIA.pdf

Download (301kB)
[img] Text (Artikel Publikasi)
2019_TA_190404074_Fania Isnani.pdf

Download (246kB)
Official URL: https://edukatif.org/index.php/edukatif/article/vi...

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh tinggi nya permainan-permainan online yang mereka mainkan adalah roblox, mobile lagend, sakura school simulator, minicraft, stambler, free fire atau yang biasa disebut ff, playerUnknown’s battleground atau yang biasa disebut PUBG. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh game online terhadap minat baca siswa kelas II SD. Pada penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Seluruh siswa kelas II SD dengan berjumlah 22 siswa sebagai populasi pada penelitian ini dengan angket untuk mengetahui minat baca dan minat bermain game online sebagai instrumen penelitian. Korelasi Pearson menggunakan program aplikasi komputer SPSS versi 28 for windows digunakan dalam analisis data pada penelitian ini. Hasil penelitian ini dengan koefisien personal menujukkan nilai signifikansi sebesar 0,358 dengan taraf sifnifikansi 5% atau bisa dikatakan tidak ada pengaruh yang signifikan antara game online dengan minat baca siswa kelas II SD. Kesimpulan dilakukan nya penelitian diyakini bahwa siswa yang memiliki minat bermain game online tidak serta merta memiliki minat membaca yang rendah. Selain itu, diyakini bahwa siswa dengan minat bermain game online yang rendah belum tentu siswa tersebut memiliki minat membaca yang tinggi.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: game online, minat baca, sekolah dasar
Subjects: Education
Primary and secondary education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Primary Teacher Education Study Program
Depositing User: Fania Isnani
Date Deposited: 12 Jul 2023 03:27
Last Modified: 12 Jul 2023 03:27
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/7909

Actions (login required)

View Item View Item