Pertiwi, Hani Mega (2023) Pelaksanaan Remedial Teaching Pada Konsep Pengukuran Di Sekolah Dasar. Jurnal Kiprah Pendidikan, 2 (1). pp. 111-119. ISSN 2810-0443
|
Text
HALAMAN PERSETUJUAN PUBLIKASI JURNAL.pdf Download (143kB) | Preview |
|
|
Text (Artikel Publikasi)
Artikel Pelaksanaan Remedial Teaching Pada Konsep Di SD.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan remedial teaching pada mata pelajaran matematika materi pengukuran panjang, berat, dan waktu di UPT SD Negeri 12 Gresik. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data, yaitu reduksi data, penyajian data, dan vertifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan guru dalam mendiagnosis kesulitan belajar matematika peserta didik dengan mengidentifikasi peserta didik yang mengalami kesulitan melalui analisis nilai ulangan harian matematika materi pengukuran panjang, berat, dan waktu, dan mencari tahu letak kesulitan belajar peserta didik dengan melihat hasil kerjanya. Pelaksanaan remedial teaching menggunakan pendekatan kuratif. Metode yang digunakan dalam pelaksanaan remedial teaching, yaitu pemberian tugas dan tanya jawab. Rekomendasi untuk peserta didik yang masih mengalami kesulitan belajar adalah dengan diberikan soal sebagai latihan. Bagi peserta didik yang masih remedi diberi soal dengan materi tetap dan dipelajari ulang, sementara peserta didik yang sudah tuntas diberi soal dengan materi selanjutnya.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Remedial Teaching;Measurement Concept;Mathematics |
Subjects: | Education Primary and secondary education |
Divisions: | Faculty of Teacher Training and Education > Primary Teacher Education Study Program |
Depositing User: | Hani Mega Pertiwi |
Date Deposited: | 11 Oct 2023 03:35 |
Last Modified: | 11 Oct 2023 03:35 |
URI: | http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/7911 |
Actions (login required)
View Item |